Tingkatkan Kesadaran Hukum Warga

Tingkatkan Kesadaran Hukum Warga

  Jumat, 29 January 2016 09:00
SAMBUTAN: Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menyampaikan sambutan saat membuka penyuluhan hukum bagi masyarakat di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (28/1). Istimewa

Berita Terkait

KUBU RAYA— Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bekerjasama dengan Pemernitah Kabupaten Kubu Raya memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat umum ratusan pelajar di Kubu Raya agar lebih siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menilai, cerdas hukum di era Masyarakat Ekonomi Asean merupakan upaya yang penting dan strategis dalam mempersiapkan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk menjadi lebih maju, kuat dan tangguh dengan daya saing yang semakin tinggi dalam rangka mewujudkan masyarakat Kubu Raya untuk mampu sejajar dengan masyarakat di negara-negara asia tenggara dalam menghadapi MEA.

“Kubu Raya dengan wilayah yang luas dan sumber daya alam yang melimpah merupakan peluang sekaligus tantangan dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean," kata Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus saat membuka penyuluhan Hukum bagi masyarakat di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (28/1).

Kondisi tersebut memiliki nilai tujuan investasi yang tinggi dan juga memiliki peluang untuk memproduksi barang dan jasa yang berkualitas, untuk dapat diekspor ke Luar Negeri sebagai selling point dalam masyarakat Asean. Hermanus menilai, untuk dapat menciptakan iklim yang kondusif dalam dunia usaha dibutuhkan perbaikan infrastruktur fisik, reformasi kelembagaan dan birokrasi, perbaikan regulasi, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia yang profesional dan mengerti hukum dan undang-undang.

Dalam upaya mewujudkan masyarakat yang berbudaya hukum dan cerdas hukum, negara memiliki kewajiban untuk memfasilitasinya sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 1 ayat 3 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. sebagai bentuk breakdown kebawah maka Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga memiliki tanggung jawab atas perlindungan hukum masyarakatnya. sehingga dirasa perlu diberikan pemahaman hukum yang baik lewat penyuluhan hukum kepada masyarakat, seperti hari ini.

Sementara itu  Kepala Bidang  Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya,  Lugito menambahkan dalam penyuluhan hukum dan HAM tersebut pihaknya sengaja melibatkan ratusan pelajar dari 20 SMA sederajat di Kubu Raya. “Harapan kami para pelajar ini bisa menularkan setiap materi yang diberikan kepada  masyarakat dilingkungan masing-masing sehingga bisa lebih cerdas hukum,” kata Lugito. 

Selain itu  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya juga berharap para pelajar tersebut menjunjung tinggi nilai kejujuran dalam berbagai aktivitas termasuk dalam berjuang untuk meraih prestasi terbaik di sekolah. “Dalam kegiatan ini juga dilakukan ikrar pelajar, yang salah satu tujuannya mempertegas komitmen para pelajar dalam mengimplementasikan sikap jujur di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari dilingkunga tempat tinggal masing-masing,” pungkasnya. (ash)

Berita Terkait