Tingkatkan Kesadaran Bela Negara

Tingkatkan Kesadaran Bela Negara

  Senin, 11 April 2016 09:19
SAMBUTAN: Sekretaris Daerah Mempawah, Mochrizal menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan peningkatan kesadaran bela negara. FOTO IST

Berita Terkait

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politiknya menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran bela Negara, di Wisma Chandramidi Kabupaten Mempawah, 2 April 2016 lalu.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah Mochrizal. Mochrizal mengatakan, bela negara adalah sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Upaya pembelaan negara dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk oleh setiap warga negara dengan tidak membedakan asal-usul yang berdasarkan suku, ras, agama, keturunan dan daerah. Namun terpenting adalah pengabdian setiap warga negara sesuai dengan kemampuan dalam bidang profesinya masing-masing.

Program pengembangan bela negara tersebut dirasakan semakin relevan bila dikaitkan dengan menurunnya kadar wawasan kebangsaan Indonesia dan kesadaran bela negara, terutama beberapa tahun lalu yang saat itu dengan gejala terdapatnya berbagai konflik kekerasan kolektif baik yang bersifat horizontal maupun vertikal dan melemahnya semangat persatuan dan kesatuan, serta dirasakan menurunnya kebanggaan bangsa sebagai bangsa Indonesia.

“Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara, dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang. Kesadaran bela negara itu hakekatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus hingga paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Tercakup didalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara,” tegasnya.(d5/ser)

Berita Terkait