Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama

Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama

  Rabu, 10 February 2016 08:33
PERSIAPAN GALUNGAN: Umat Hindu memasang hiasan dan perlengkapan persembanhyangan di Pura Giri Pati Mulawarman di Jalan Adisucipto, Kubu Raya, Selasa (9/2). Persiapan tersebut untuk memperingati kemenangan kebaikan(dharma) melawan keburukan(adharma) yang jatuh pada hari ini Rabu (10/2). HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

KUBU RAYA – Sehari sebelum menyambut hari raya Galungan, sebagian umat Hindu yang ada di Pontianak, Kubu Raya dan sekitarnya turut berbenah memperindah Pura Giri Pati Mulawarman di Jalan Adisucipto, Kubu Raya.

“Pada prinsipnya semua persiapan menyambut datangnya hari raya Galungan sudah siap. Besok secara serentak mulai sekitar pukul 18.00 hingga selesai kami akan melakukan serangkaian kegiatan dalam memperingati hari raya galungan yang dipusatkan di Pura Giri Pati Mulawarman,” kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kalimantan Barat Putu Dupa Bandem, Selasa (9/2).

Kendati digelar secara sederhana, Putu memastikan serangkaian kegiatan perayaan Galungan besok (10/2) akan dihadiri ribuan umat Hindu Kalimantan Barat. “Sebagian besar umat Hindu di Pura sini berasal dari Pontianak, Kubu Raya dan sekitarnya namun tidak menutup kemungkinan juga akan datang umat Hindu dari kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Barat,” terangnya.

Agar pelaksanaan Hari Raya Galungan tersebut berjalan aman dan lancar, Putu menyatakan telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk turut mengawasi dan memantau jalannya perayaaan galungan di pura yang terletak di Jalan Adisucipto tersebut.

Putu menyatakan Hari Galungan khususnya untuk umat Hindu mempunyai makna merayakan kemenangan dharma melawan adharma atau kemenangan kebaikan melawan keburukan. Karenanya dalam memaknai datangnya hari raya Galungan, Putu mengimbau umat Hindu yang ada di Kalbar agar selalu meningkatkan jalinan kebersamaan dengan umat lainnya yang ada di Kalimantan Barat.

“Tidak hanya sekadar meningkatkan kebersamaan, saya juga berharap semua umat Hindu yang ada di Kalbar selalu bisa beradaptasi dengan umat mana pun dan proaktif berkontribusi menjaga suasana aman dan kondusif dilingkungan tempat tinggal masing-masiang,” ungkapnya.Putu juga berharap agar umat Hindu di Kalbar bisa meningkatkan kerukunan dan keharmonisan antarumat beragama sehingga suasana yang aman dan kondusif selalu terjaga di Kalimantan Barat. (ash)

Berita Terkait