Tingkatkan Keberangkatan Haji

Tingkatkan Keberangkatan Haji

  Selasa, 10 January 2017 09:30

Berita Terkait

Bank Kalbar Gandeng BRI Syariah 

Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat berupaya meningkatkan jumlah keberangkatan haji di Kalimantan Barat pada tahun 2017. Dalam upaya tersebut, Bank Kalbar menggandeng PT. Bank BRI Syariah melalui MoU yang disepakati kedua belah pihak.

BERTEMPAT di Meranti III, Mercure Hotel Pontianak, Senin (9/1), Bank Kalbar dan Bank BRI Syariah berjumpa demi mengentaskan perjanjian yang telah siap disetujui.

Direktur Utama Bank Kalbar, Samsil Ismail menyampaikan dalam kata sambutannya, pihaknya memilih melakukan kerjasama berupa MoU dalam penerimaan setoran haji bersama BRI Syariah pasalnya Bank Kalbar belum mengantongi izin tersebut. "Dulu pernah kita urus, tapi ada sedikit terkendala," bebernya.

Sambung dia, Bank Kalbar memilih BRI Syariah lantaran anak perusahaan dari Bank BRI ini sudah menyebar di seluruh penjuru Indonesia. "Kita bisa maksimalkan pelayanan kepada calon haji khususnya nasabah dan calon nasabah Bank Kalbar melalui MoU ini," kata Samsir Ismail.

Bank Kalbar sendiri memiliki program bernama Tabungan Haji dan Umroh (Taharo). Kembali dibeberkan Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat, sudah banyak nasabahnya yang mengikuti program Taharo. 

Disebutkan dia, sekitar 70 persen dari pegawai Bank Kalbar yang berjumlah sekitar 1.700 orang sudah memiliki tabungan untuk haji dan umroh di Taharo. "60 sampai 70 persen nasabah kita yang berjumlah sekitar satu jutaan juga sudah bergabung di Taharo," tuturnya.

Kedepan, harap Samsir Ismail, program Taharo dapat selalu meningkat. Lantaran dinilainya, ini dalam rangka mendorong masyarakat muslim di Kalimantan Barat untuk beribadah sesuai rukun islam. "Minimal harus meningkat 10 sampai 20 persen dari tahun sebelumnya," tegasnya.

Di tempat sama, Direktur Bisnis Mikro dan Pendanaan Bank BRI Syariah, Erdianto Sigit Cahyono menuturkan, pihaknya sangat menyambut baik kerjasama yang dilakukannya bersama Bank Kalbar dalam meningkatkan jumlah keberangkatan haji dan umroh di Kalbar. "Kalbar sangat berpotensi, dengan areanya yang luas dan Kantor Cabang dan Cabang Pembantu BRI yang juga tersebar di Kalbar," ucapnya.

BRI Syariah yang telah mengantongi izin sebagai bank penerima setoran haji, lanjut dia, siap bersinergi dengan Bank Kalbar. Ia menyebutkan, kantor layanan Bank BRI Syariah berjumlah 1.044 tersebar di seluruh Indonesia dan menempel di kantor BRI Konvensional. Ditambah lagi 271 outlet Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu juga menyebar luas. "Di Kalbar ada di Pontianak, Singkawang dan Sanggau," jelasnya.

Dia mengungkapkan, tahun 2016 lalu BRI Syariah telah mengirimkan 55 ribu jamaah haji. 450 diantaranya adalah jamaah asal Kalimantan Barat.

Setelah kerjasama ini terjalin, Erdianto Sigit Cahyono meyakini, tahun 2017 nanti jumlah jamaah yang dikirimnya untuk menunaikan ibadah haji akan meningkat. "Tidak kurang dari jumlah jamaah haji tahun 2016. Yaa dua atau tiga kali lipat dari itu insyaallaah," pungkasnya singkat. (Pah)

Berita Terkait