Tingkatkan Harga Lele, IBM Polnep Beri Pelatihan

Tingkatkan Harga Lele, IBM Polnep Beri Pelatihan

  Selasa, 23 Agustus 2016 09:20
BERSAMALAM: Nani Nur'Ainah beserta rekannya memberikan alat produksi kepada Salaman, pembudidaya ikan lele di Gang Harapan 1, Pontianak Kota, Sabtu (20/8).

Berita Terkait

POLITEKNIK Negeri Pontianak (Polnep), Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan memberikan pelatihan kepada masyarakat kelompok pembudidaya ikan lele di Jalan Danau Sentarum, Jalan Petani Gang Harapan 1, Pontianak Kota, Sabtu (20/8) kemarin. Diikuti sekitar 20 ibu rumah tangga setempat di kediaman Salaman, salah satu pembudidaya ikan lele setempat.

 
Dinarasumberi oleh beberapa dosen Polnep studi Perikanan, Nani Nur'Aenah, Ika Meidy Deviarni, Kristina Novalina, Fitri Wibowo. Dibantu oleh Rini Hartati dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak. Seluruh peserta tampak fokus mengikuti pelatihan gratis ini.

Dijelaskan Nani, pelatihan yang diberikannya ini bertujuan untuk meningkatkan harga jual ikan lele dengan mengembangkan produksi ikan lele. "Kita berikan pelatihan mengenai teknologi kepada mereka. Sehingga mereka dapat memanfaatkan perkembangan teknologi ini untuk meningkatkan produktivitas mereka," ucapnya.

Selain itu, pembudidaya ikan lele setempat diberikan pelatihan untuk mengembangkan ikan lele mereka menjadi produk olahan lainnya. "Daging ikan lele bisa kita buat menjadi nugget, tulang dan kulit ikan lele kita jadikan kerupuk dan keripik ikan," kata Nani.

Tidak hanya sekedar memberikan pelatihan, mereka juga memberikan modal produksi kepada pembudidaya ikan lele setempat untuk menyalurkan ilmu yang didapatnya terhadap produk olahan ikan lele. "Kami berikan beberapa unit alat produksi bagi pembudidaya ikan lele di sini. Seperti panci fresto, penggiling daging, pemotong kerupuk, blender dan timbangan digital. Agar mereka bisa merealisasikan ilmu yang kami berikan," tuturnya.

Nani mengatakan, di gang Harapan 1, Pontianak Kota ini ada dua pembudidaya ikan lele yang produksinya sudah dapat dikatakan besar. Lanjut dia, demi memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, mereka memberikan pelatihan ini agar para pembudidaya ikan lele setempat dapat membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat sekitar.

"Di sini banyak ibu rumah tangga. Kalau produksi ikan lele ini kita kembangkan tentu akan menyedot ibu rumah tangga itu untuk bekerja di sini. Sehingga mereka dapat berpenghasilan dengan bekerja di pembudidaya ikan lele dekat rumah mereka," tutur Nani.

Nani membeberkan, ke depan pihaknya akan melakukan bimbingan paska pelatihan kepada pembudidaya ikan lele setempat. "Kita damping dan bimbing mereka. Kita akan bantu mereka mengatasi masalah atau hambatan yang mereka hadapi untuk mengembangkan olahan ikan lele ini," katanya. (C13)

Berita Terkait