Tingkatan Sabuk

Tingkatan Sabuk

  Rabu, 3 February 2016 08:51

Berita Terkait

TAEKWONDO memiliki 6 (enam) warna Sabuk. Warna tersebutlah yang menandakan junior atau senior. Tingkatan Sabuk terdiri dari Geup X sampai dengan Geup I, sebelum meraih tingkat selanjutnya dengan gelar “DAN”.

Sabuk Putih (Geup X) merupakan tingkatan awal. Seseorang yang menyandang Sabuk Putih dikatakan yang paling junior. Putih melambangkan “Kesucian” yaitu polos dan diibaratkan belum terisi. Oleh karena itu porsi latihannya adalah latihan dasar dan pemahaman materi, serta mempelajari Jurus Dasar yang disebut Gibon I sebagai syarat untuk meraih tingkatan selanjutnya.

Sabuk Kuning (Geup IX) merupakan tingkatan selanjutnya. Kuning melambangkan “Bumi / Tanah” yaitu penerapan dasar-dasar Taekwondo dengan kuat. Dalam tahap ini siswa harus mempelajari Jurus Dasar yang disebut Gibon II dan Gibon III. Siswa harus meraih Sabuk Kuning Strip Hijau (Geup VIII) terlebih dahulu dan mempelajari Taegeuk 1 (Il Jang) sebelum meraih tingkatan Sabuk Hijau.

 

Sabuk Hijau (Geup VII) melambangkan “Pepohonan”. Seperti pohon yang tumbuh, pada tahap inilah dasar-dasar Taekwondo mulai dikembangkan. Siswa yang menyandang Sabuk Hijau harus mempelajari Taegeuk 2 (Ee Jang). Siswa harus meraih Sabuk Hijau Strip Biru (Geup VI) terlebih dahulu dan mempelajari Taegeuk 3 (Sam Jang) sebelum meraih tingkatan Sabuk Biru.

 

Sabuk Biru (Geup V) melambangkan “Langit” yaitu yang menyelimuti bumi dan seisinya. Siswa yang menyandang Sabuk Biru harus sudah dapat memahami dan mengetahui apa yang telah dipelajari selama latihan. Dalam tahap ini siswa harus mempelajari Taegeuk 4 (Sah Jang). Siswa harus meraih Sabuk Biru Strip Merah (Geup IV) terlebih dahulu dan mempelajari Taegeuk 5 (Oh Jang) sebelum meraih tingkatan Sabuk Merah.

 

Sabuk Merah (Geup III) melambangkan “Matahari” yaitu menjadi pedoman dan contoh bagi orang lain serta dapat mengendalikan diri (sikap dan tindakan). Siswa yang menyandang Sabuk Merah harus mempelajari Taegeuk 6 (Yook Jang). Siswa harus meraih Sabuk Merah Strip I (Geup II) terlebih dahulu dan mempelajari Taegeuk 7 (Chil Jang) ; kemudian meraih Sabuk Merah Strip II (Geup I) dan mempelajari Taegeuk 8 (Pal Jang) sebelum meraih Sabuk Hitam.

 

Sabuk Hitam melambangkan “Alam” yaitu ruang yang telah terisi penuh; kemampuan dan kematangan dalam penguasaan diri terhadap kedalaman ilmu beladiri yang dipelajari agar tidak terjerumus dalam kegelapan. Sabuk Hitam memiliki tingkatan yang disebut “DAN” dan tingkatan yang tertinggi adalah DAN 9 (sembilan). Penyandang DAN harus mempelajari Poomsae Lanjutan untuk meraih tingkatan tersebut. (*/int)

 

Berita Terkait