Tindaklanjuti Kebijakan Gubernur

Tindaklanjuti Kebijakan Gubernur

  Senin, 18 April 2016 09:02
Alexius Akim

Berita Terkait

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Alexius Akim menyatakan segera menindaklanjuti rencana Gubernur Kalbar yang akan menghapuskan dana bantuan operasional pada bulan depan. 

“Kami segera menindaklanjuti rencana penghapusan dana BOS itu,” ujar Akim, kemarin. 

Akim mengatakan dana bantuan operasional sekolah untuk sekolah dasar dan menengah pertama pada tahun lalu mencapai Rp511 miliar. Jumlah dana ini tak sama setiap tahunnya. Total penerima dari tingkat SD hingga SMA dan SMK mencapai 6 ribu sekolah. 

“Untuk tahun ini jumlahnya belum tahu karena dana itu langsung ke kabupaten kota,” kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang ini. 

Akim menjelaskan selama ini ada permasalahan yang dihadapi berkenaan dengan dana bantuan operasional sekolah itu. Awal tahun anggaran berbeda dengan awal dimulainya tahun ajaran baru. Tahun anggaran dimulai pada Januari, sedangkan tahun ajaran baru dimulai pada Juli. Akhirnya menyebabkan jumlah siswa penerima tak bisa diprediksi. 

“Kami tak mungkin memprediksi siswa lima bulan kedepan,” jelas Akim. 

Akibatnya, lanjut Akim, dana tersebut seolah-olah terjadi pembengkakan ataupun pengurangan. Padahal ada istilah lebih salur dan kurang salur. Nantinya pada akhir tahun terakhir semuanya bisa diatasi. 

“Tetapi ada yang tak paham. Itu yang membuat sulit,” timpal Akim. 

Sebelumnya Gubernur Kalbar, Cornelis mengatakan akan menghentikan dana bantuan operasional sekolah pada bulan depan. Adanya dana tersebut menjadi masalah. 
“Dana BOS ini menjadi masalah buat kami,” kata Cornelis. (uni) 

 

Berita Terkait