Tindak Pemasok Produk Ilegal

Tindak Pemasok Produk Ilegal

  Selasa, 5 April 2016 09:40
Arief Sulistianto

Berita Terkait

SINGKAWANG-Kapolda Kalbar, Brigjen Pol Drs. Arief Sulistianto M.si mengatakan tidak mentolerir jika ada pihak pihak yang dengan sengaja memasukkan makanan dan minuman membahayakan kesehatan warga secara illegal dari luar negeri.

 “Jika kita temukan langsung kita tindak karena membahayakan nyawa banyak orang. Selain membahayakan juga merugikan negara karena masuknya barang tak melalui beacukai,” katanya terkait penggrebekan gudang buah diduga asal Cina yang dimasukkan dari pintu perbatasan Jagoi Babang.

Menurut Kapolda selain harus memiliki izin resmi dari instansi berwenang, buah yang datang harusnya dikarantina terlebih dahulu untuk melihat kualitas barang yang akan masuk dan dipasarkan, karena menyangkut kesehatan.  Menurutnya, barang-barang yang masuk ke wilayah Indonesia harus dijamin kesehatanya, dan harus melalui pemeriksaan dan pemantanauan BPOM.  Oleh sebab itu, ia mengapresiasi Sat Reskrim Polres Singkaswang yang telah menggerebek gudang buah asal Malaysia yang berada di Jalan Hermansah, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat beberapa waktu lalu.

Selain itu, ia melihat para pelaku ilegal ini, tidak berani melakukan pergerakan sendiri, karena sudah ada tindakan tegas. Sehingga, mereka mencoba membujuk oknum anggota, agar barang ilegal ini bisa masuk ke Indonesia. Karena menurut Kapolda, penyeludupan bisa dilakukan berbagai macam cara. Sehingga, pemeriksaan sangatlah penting.

 “Jika memang ada informasi, segera laporkan ke pihak kepolisan. Dan saya ucapkan terima kasih kepaa Kapolres Singkawang dan Sat Reserse Oolres singkawang yang telah menyita Ratusan dus buah ilegal asal Tiongkok,” pungkasnya. (har)

Berita Terkait