Tindak Anggota yang Nakal

Tindak Anggota yang Nakal

  Senin, 28 March 2016 09:33
Donny Charles Go

Berita Terkait

SANGGAU – Kapolres Sanggau, AKBP Donny Charles Go belum lama ini menyampaikan guna meminimalisir pelanggaran anggota, Polres Sanggau akan mengambil tindakan tegas bagi pelanggar disiplin maupun kode etik. Hal ini sebagai komitmen terhadap revolusi mental anggota kepolisian.

 “Sudah ada yang diproses. Tindakan itu sebagai proses memperbaiki internal polisi. Kalau mau baik, kita bikin baik dulu didalam. Supaya jadi cerminan,” tegasnya.

Penindakan, lanjut dia, bukan semata-mata pencitraan. Namun, untuk memberikan efek jera. Apalagi kontrol masyarakat begitu tinggi sehingga kinerja dan perilaku anggota polri selalu diawasi. “Semakin diawasi, seharusnya anggota polri sadar bahwa tidak ada lagi ruang untuk melakukan pelanggaran,” ujarnya.

Sebelum melakukan penindakan kepada masyarakat yang melanggar hukum, tentunya anggota juga sudah bisa berpikir. Sebagai instansi, memang harus tetap dilakukan evaluasi. Dengan begitu banyaknya anggota kepolisian, maka penegakan disiplin anggota menjadi hal yang tidak dapat dihindarkan.

 “Ini juga sebagai salah satu upaya untuk menciptakan anggota kepolisian yang bersih. Sebelum menindak masyarakat yang melanggar hukum, tentu harus aparatnya terlebih dahulu ditindak jika melakukan pelanggaran,” katanya belum lama ini kepada media.

Sejauh ini, sebagai konsekuensi terhadap pelanggaran, pihaknya telah memberhentikan dengan tidak hormat kepada anggota yang melakukan pelanggaran berat. Tindakan ini diambil sebagai pembelajaran kepada anggota lainnya agar tidak mengulangi kesalahan serupa.

 “Saya yakin akan ada perubahan pada diri anggota. Sehingga usaha yang dilakukan tidak sia-sia. Memang terkesan sedikit keras. Namun, melalui penegakan disiplin ini diharapkan kepolisian akan semakin baik kedepannya,” harap dia. (sgg)

Berita Terkait