Tiga Desa Kampung KB

Tiga Desa Kampung KB

  Jumat, 15 April 2016 09:10
TIGA DESA: Bupati Sambas meneken prasasti penetapan tiga desa yang menjadi Kampung KB.OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SAMBAS- Desa Sepadu Kecamatan Semparuk, Desa Jawai Laut Kecamatan Jawai Selatan, dan Desa Tambatan Kecamatan Teluk Keramat ditetapkan sebagai Kampung KB di Kabupaten Sambas. Pencanangan tersebut dipusatkan di halaman Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ijtihad Desa Sepadu Kecamatan Semparuk, belum lama ini.

Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Djuhardi Alwi MPH mengatakan tidak mudah mewujudkan harapan yang disematkan pada tujuan pelaksanaan kampung KB. Lantaran program ini harus direncanakan dengan baik.

“Harus ada komitmen kuat dan kebersamaan antara semua komponen masyarakat, pemerintah dan pihak swasta,” kata Bupati Sambas saat pencanangan Kampung KB didampingi Wabup, Kepala BPPKB Sambas, Ketua PKK Kabupaten Sambas, Camat Semparuk, Teluk Keramat, Jawai Selatan, Pemangkat dan Tekarang, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar.

Diharapkan, ada program lintas sektoral dilaksanakan. Kemudian didukung adanya data yang dimiliki Kepala Desa di wilayah kerjanya masing-masing. “Kampung KB ini bukan hanya berbicara satu program, tetapi banyak program lintas sektoral yang nanti muaranya adalah pada visi misi pembangunan daerah,” katanya.

Kepala BPPKB Kabupaten Sambas, Hj Wahidah SE MSI mengatakan pencanangan kampung KB adalah salah satu upaya pemerintah memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia.

“Pelaksanaan pembangunan kampung KB merupakan miniatur keberhasilan pembangunan, yakni bidang pemberdayaan perempuan melalui eterlibatannya mensukseskan pembangunan dibidang keluarga berencana,” katanya.
Dasar pelaksanaan kampung KB tersebut ungkap Wahidah, yaitu Instruksi Presiden RI tentang Pembentukan Kampung KB, Surat Edaran Mendagri Nomor 440/JO/SJ/ tanggal 11 Januari 2015, petunjuk teknis kampung KB Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Tahun 2015, surat penunjukkan Bupati Sambas tentang Desa yang menjadi sasaran kampung KB.

Tujuannya, penguatan program kependudukan, KB dan Pembangunan keluarga yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat desa dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat memperoleh pelayanan total program KB, kesehatan, pendidikan, pertanian dan program-program pembangunan lainnya sebagai upaya mewujudkan keluarga berkualitas.(fah)

Berita Terkait