Tidak Ada Lagi Diskriminasi Agama Minritas

Tidak Ada Lagi Diskriminasi Agama Minritas

  Sabtu, 8 Oktober 2016 08:51

Berita Terkait

JAKARTA—Forum  Kerukunan Umat Beragama ( FKUB) salah satu wadah untuk mempererat dan memperkokoh semangat kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu diharapkan kedepan, FKUB  lebih dapat menguatkan perannya dalam menciptakan kerukunan  kehidupan yang dinamis, serta memberdayakan umat beragama khususnya, untuk perbaikan kesejahteraan sosial dan ekonomi, sehingga kerukunan dapat  memberikan  dampak positif bagi kemajuan hidup berbangsa. 
Demikian dikatakan Wakil Gubernur Kalbar Drs Christiandy Sanjaya, usai mengikuti Rakornas Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB)  Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, berlangsung di Kantor Kemendagri, Kamis ( 6/10).
Lanjut Christiandy, dalam rakornas telah ditegaskan bahwa fungsi Wakil Gubernur membantu kepala daerah dalam merumuskan kebijakan pemulihan kerukunan umat beragama, meningkatkan wawasan multikultural untuk pemerliharaan kerukunan umat beragama.
Christiandy juga berharap, adanya FKUB agar dapat memayungi hidup dan rukun di tengah perbedaan tersebut menjadi  upaya dan harapan  pemerintah dan seluruh masyarakat di negeri ini. “Tak ada lagi diskriminasi, kriminalisasi maupun  antisosial terhadap pemeluk  agama minoritas, sehingga persatuan itu akan utuh menjaga nilai-nilai  Pancasila di NKRI tercinta ini,” ujar Christiandy.
Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, mengatakan, pemahaman tentang agama hendaknya dijadikan tolak ukur generasi muda dalam mengenyam segala bentuk pendidikan. Sebab, disana akan diajarkan betapa pentingnya saling menghargai ketidaksamaan keyakinan dan agama. “Di Sekolah tidak boleh ada tindakan bullying terhadap siswa penganut agama minoritas,” harap Tjahjo.
Dalam beberapa pertemuan, Kemendagri terus melakukan koordinasi dengan  FKUB untuk membahas berbagai isu strategis, baik menyangkut peningkatan kualitas pengalaman ajaran agama, kerukunan umat beragama maupun kehidupan beragama. (humprov/r/*)

Berita Terkait