Tiang TM Tumbang Disapu Angin

Tiang TM Tumbang Disapu Angin

  Senin, 20 June 2016 09:58
TUMBANG: Tiang TM milik PT PLN di Desa Sungai Belanga tumbang akibat sapuan angin kencang. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Angin kencang disertai hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Mempawah tidak hanya menyebabkan pohon tumbang. Melainkan juga merusak fasilitas listrik milik PT PLN Rayon Mempawah. Sebuah tiang TM di Dusun Sungai Belanga, Kecamatan Segedong tumbang, Sabtu (18/6) sekitar pukul 14.00 siang.

 
Manager PLN Mempawah, Saut Manurung membenarkan tumbangnya tiang TM tersebut. Meski mengalami gangguan pelayanan listrik, namun Saut bersukur tiang yang tumbang tidak menciderai pengguna jalan diwilayah itu.

 “Posisi tiang TM yang tumpang persis dibahu jalan raya. Kalau saja bergeser sedikit lagi, pasti pengenai badan jalan. Kita khawatir mencelakai pengendara yang sedang melintas,” tutur Saut ketika dikonfirmasi Pontianak Post.

Saut mengatakan, tumbangnya tiang TM tersebut disebabkan sapuan angin kencang yang menerjang wilayah itu. Tiang yang terbuat dari beton itu diduga tak kuat menahan sapuan angin yang berlangsung sejak pukul 11.00 WIB itu.

 “Seharian ini, wilayah Kabupaten Mempawah disapu angin kencang dan hujan deras. Faktor inilah yang membuat tiang TM tidak mampu bertahan hingga tumbang,” ujarnya.

Atas kerusakan itu, Saut memastikan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan material dan kelengkapan lain untuk melakukan pergantian tiang TM. Setelah semua persiapan rampung, petugasnya akan langsung kelapangan untuk mendirikan tiang baru.

 “Pada proses pergantian nanti, kita terpaksa melakukan pemadaman sementara pada area sekitar tiang. Kita upayakan hanya diwilayah tiang yang tumbang saja dilakukan pemadaman. Sehingga tidak berimbang pada daerah lainnya,” sebut Saut.

Tidak hanya tiang TM yang tumbang di Dusun Sungai Belanga, Saut mengungkapkan kerusakan jaringan fasilitas listrik juga terjadi di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Mempawah Timur. Kerusakan terjadi pada kabel listrik yang putus akibat tertimpa pohon kelapa yang tumbang.

 “Ada pohon kelapa tumbang akibat sapuan angin kencang. Nah, posisi pohon kelapa yang tumbang mengenai kabel listrik. Akibatnya, kabel jaringan tersebut putus,” ungkap Saut.

Saut pun mengaku pihaknya setelah melakukan persiapan untuk memperbaiki jaringan listrik yang putus tersebut. Dia memastikan secepat mungkin akan dilakukan perbaikan agar pelayanan listrik bagi pelanggan tetap berjalan normal.

 “Kami mohon maaf kepada semua pelanggan listrik, atas ketidaknyamanan pelayanan ini. Faktor non teknis gangguan alam seperti ini diluar kendali kami dilapangan. Kami minta kerjasama dan dukungan pelanggan, agar petugas semaksimal mungkin bekerja dilapangan untuk memperbaiki kerusakan jaringan tersebut,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait