Tertangkap Ngelem, Lima Remaja Dibina

Tertangkap Ngelem, Lima Remaja Dibina

  Selasa, 10 November 2015 11:12
PEMBINAAN REMAJA: Kapolsek Teluk Batang Iptu Aris Pramudji Widodo diabadikan bersama lima remaja yang mengikuti pembinaan di Polsek Teluk Batang. POLSEK TELUK BATANG FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

TELUK BATANG – Sebanyak lima remaja masih di bawah umur dan tidak lagi bersekolah, harus menjalani pembinaan di Polsek Teluk Batang. Kelimanya tertangkap tangan oleh masyarakat sedang ngelem. “Iya, memang benar, saat ini kita lagi membina sebanyak lima anak remaja, yang tertangkap tangan sedang ngelem, dan penagkapan ini dilakukan oleh masyarakat pada Selasa (3/11) lalu. Selanjutnya kelima remaja tesebut diserahkan kepada kami (Kepolisian, Red) untuk dibina,” ungkap kepala Polsek (Kapolsek) Teluk Batang, Iptu Aris Pramuji Widodo, Jumat (6/11) siang lalu di Mapolsek. Hingga saat ini, Kapolsek memastikan untuk kelima remaja tersebut masih dalam pembinaan mereka. Pembinaan itu sendiri diberikan mereka dengan tujuan untuk menimbulkan efek jera kepada para remaja tanggung tersebut. ”Kita berikan mereka pembinaan seperti biasa, untuk belajar mengaji, salat, serta mereka juga kita ajarkan baris-berbaris di halaman Polsek,” ujar Kapolsek.  

Kapolsek menjelaskan jika pembinaan yang dilakukan mereka sudah berjalan selama seminggu ini. Selain berharap menimbulkan efek jera, ia juga tidak menginginkan, berawal dari perbuatan seperti ini, lima remaja tersebut akan melakukan tidakan pidana, seperti mencuri.“Kita juga mengkhwatirkan kepada mereka jika telah tercandu ngelem, dan ingin kembali membeli dan tidak memiliki uang, mereka malah melakukan tindakan pidana, salah sataunya misalnya mencuri. Nah, hal seperti itulah yang tidak diinginkan. Apalagi mereka tidak berkerja. Untuk itu setidaknya dapat pembinaan ini dapat menimbulakan efek jera dengan kita berikan pembinaan, serta membuat perjanjian untuk tidak kembali melakukan hal serupa di kemudian hari. Dan untuk pembinaan kita lakukan bersama-sama dengan angota lalinnya, untuk membimbing mereka,” tutur Kapolsek.

Sementara itu, salah satu pemuka agama di Teluk Batang, Pahmi, sangat menyambut baik apa yang telah dilakukan Polsek Teluk Batang. “Saya sangat mendukung, apa yang dilakukan oleh Polsek Teluk Batang. Dengan memberikan pembinaan kepada mereka, seperti mengaji dan menunikan salat berjemaah di masjid, serta pembinaan lainnya,” kata sosok yang juga Kepala Madarasah Aliah (MA) Babussaadah Teluk Batang tersebut.

Menurut dia, jika tidak dilakukan pembinaan seperti ini, dikahwatirkan para remaja tanggung tersebut akan terus menrus melakukan hal yang sama. Apalagi apa yang mereka lakukan itu merupakan perbuatan yang sangat mengancam kesehatan mereka. “Semoga saja dengan diberikannya pembinaan kepada mereka (lima remaja, Red) ini, dapat memberikan perubahan dan tidak lagi melakukan hal yang sama,” tutup Pahmi. (dan)

Berita Terkait