Tersambar Petir Listrik Padam

Tersambar Petir Listrik Padam

  Jumat, 11 December 2015 08:31
PLN: Salah satu pengendara saat melintasi Rayon PLN Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Pada musim penghujan, seperti yang saat ini tengah berlangsung sering kali terjadinya pemadaman listrik diluar dugaan dikarenakan faktor alam. DANANG PRASETYO/Pontianak Post.

Berita Terkait

SUKADANA-Dikatakan Kepala Rayon PLN Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Parmuji Irawan, sering terjadinya padam listrik saat hujan turun, seperti halnya yang terjadi pada Kamis(10/12),kemarin, Pukul 02.00 Wib dini hari, disebabkan adanya jaringan tersambar petir. Sehingga terjadilah pemadaman listrik, yang mengakibatkan Kayong Utara menjadi gelap gulita.

“Sekitar pukul 02.00 wib dini hari tadi (Kamis(10/12).Red) jaringan kita ada yang tersambar petir, ditambah lagi memang saat itu hujan juga cukup deras. Selain itu, selain tersambar petir, biasanya juga, karena jaringan terkena dahan pohon, jaringan tertimpa pohon karena tumbang, tiang listrik roboh akibat angin yang cukup kencang,” terang Kepala Rayon PLN Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Parmuji Irawan, Kamis(10/12) saat ditemui di ruang kerjanya.

Untuk itu, mengenai hal ini, dirinya mengharapkan pemahaman dari masyarakat, jika pada saat musim hujan dan terjadinya pemadaman diluar jadwal yang telah ditentukan PLN. Apalagi saat ini, Kayong Utara masih menerima suplay energi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Ketapang.  “Selain itu, ketika terjadinya hujan deras, listrik akan padam sendiri secara auto, karena terdapat kabel yang terbuka (lapisan pada kabel, red) terkena pohon basah, pada relay pengaman gardu bekerja. Dan hal ini yang kerap terjadi.  Apalagi, jika terdapat gardu yang terkena banjir, disebabkan hujan yang begitu lebat, maka listrik akan segera dipadamkan oleh petugas, dikhawatirkan akan terjadinya sesuatu, jika tidak segera dipadamkan,” terang Parmuji Irawan.

Selain itu, mengenai hal ini Paramudji Irawan berharap, jika di depan rumahnya terdapat pohon yang besar yang hampir mengenai kabel jaringan agar dapat segera untuk memangkasnya atau  berkoordinasi dengan petugas PLN terdekat. Karena, yang dikhawatirkan, jika ranting pohon tersebut terkena jaringan, dikhwatirkan akan terjadinya pemadaman secara seketika, apalagi saat musim hujan, yang saat ini tengah berlangsung.  “Paling tidak, dengan turut peduli dengan memangkas dahan pohon tersebut, akan mengurangi resiko terjadinya pemadaman listrik secara seketika. Karena ini begitu berbahanya, dan turut mengancam keselamatan,” tutup, Kepala PLN Sukadana. (dan)

Berita Terkait