Terpenting, Operasi Pengamanan Kemanusiaan

Terpenting, Operasi Pengamanan Kemanusiaan

  Selasa, 28 June 2016 09:35
RAKOR: Wakil Bupati Ketapang Drs Suprapto Sutrisno dan Kapolres Ketapang AKBP Hady Poerwanto SIk dalam rakor lintas sektoral pengamanan lebaran di Aula Polres Ketapang, kemarin. ISTIMEWA

Berita Terkait

KETAPANG – Kapolres Ketapang AKBP Hady Poerwanto SIk memimpin rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka Operasi Ramadanya Kapuas 2016. Operasi dimaksud dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga memberikan rasa aman warga muslim yang akan merayakan Idulfitri 1437 Hijriah.

Rakor yang mengusung tema: Melalui rapat koordinasi lintas sektoral kita tingkatkan sinergitas untuk pengaman dan mendukung pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 1437 Hijriah tersebut, dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Ketapang Drs Suprapto S, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Ketapang dan Kayong Utara, Kodim 1203, para pengusaha, distributor, PLN, pertamina, tokoh masyarakat, serta MUI Ketapang, yang dilangsungkan di Aula Polres Ketapang, Senin (27/6).

Kapolres AKBP Hady Poerwanto dalam arahannya mengatakan bahwa operasi yang dilaksanakan dengan nama Ramadanya tersebut, merupakan operasi pengamanan kemanusiaan, yang dilaksanakan dalam rangka melayani masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran maupun arus balik, yang dimulai dari H-6 pada 30 Juni 2016 hinga habis lebaran. “Operasi Ramadanya dilaksanakan mulai dari jalur darat, udara, dan jalur air,” kata Kapolres.

Dalam pelaksanaannya, Kapores mengharapkan agar sinergisitas antarinstansi terkait, sehingga dalam forum rapat koordinasi dapat disampaikan hambatan atau kendalan yang dihadapi, dengan mengacu pada pegalaman tahun sebelumnya. “Mungkin ada yang perlu diperbaiki atau yang ditindaklanjuti,” kata Kapolres.

Seperti, dimisalkan dia, pengamanan jalur darat saat lebaran arus kendaan yang padat, sehingga menyebabkan terjadi laka lantas yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Tak kalah penting, menurut Kapolres, ketersediaan bahan pangan seperti sembako, BBM, LPG, atau kebutuhan masyarakat yang diperlukan dalam menyambut hari raya.

Sementara, Wabup Suprapto mendukung penuh langkah yang diambil Kapolres tersebut, dalam melakukan rapat koordinasi lintas sektoral, dalam memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat, baik di bulan Ramadan, maupun saat merayakan Idulfitri 1 Syawal 1437 Hijriah.

“Dengan kerja sama semua pihak, kompak, harmonisasi yang baik, (maka) segala masalah berat dapat kita selesaikan,” gugah Wabup.

Wabup memastikan jika Pemkab akan mendukung penuh pelaksanaan Operasi Ramadnya, yang sudah direncanakan dalam pelaksaannya, bekerja sama dengan semua pihak terkait. “SKPD terkait dalam pelaksanaannya nanti, agar selalu berkoordinasi dengan aparat kepolisian,” kata Wabup.

Selain itu, Wabup atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang dalam kesempatan tersebut mengucapkankan selamat menyambut Hari Raya Idulfitri 1437 Hijriah kepada segenap lapisan masyarakat Kabupaten Ketapang.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Kapolres AKBP Hady Poerwanto melakukan tanya jawab terkait ketersediaan sembako, BBM, LPG, listrik,  dan mendapat paparan dari Kabag Ops Polres Ketapang Kompol Hendrayuti dan Kepala Satuan Intelkam IPTU Suradi, terkait beberapa kemungkinan gangguan kemanan, potensi ganguan yang terjadi, dan antisipasi yang akan dilakukan oleh Polres Ketapang, Kodim 1203 Ketapang, bersama SKPD terkait. (afi)

Berita Terkait