Terpanjang Sekaligus Tertinggi Bikin Ngeri

Terpanjang Sekaligus Tertinggi Bikin Ngeri

  Kamis, 25 Agustus 2016 09:30
BUKAN UNTUK PENAKUT: Jembatan di Zhangjiajie, Provinsi Hunan, ini memiliki panjang 430 meter. Yang bikin deg-degan, jembatan berada di ketinggian 300 meter. Lantainya dibuat dari kaca sehingga menambah sensasi seperti melayang di udara.

Berita Terkait

ZHANGJIAJIE – Wang Min melangkah ke tengah jembatan, lalu melakukan swafoto. Perempuan yang datang bersama suami dan anaknya itu tak tampak takut meski lantai jembatan terbuat dari lembaran kaca hingga menampakkan pemandangan di bawah.

Padahal, jembatan itu terletak di ketinggian 300 meter dan membentang sepanjang 430 meter di antara dua tebing gunung di Taman Zhangjiajie, Provinsi Hunan, Tiongkok. 

Jembatan yang baru saja dioperasikan pada Sabtu (20/8) itu diklaim sebagai yang tertinggi di dunia. Yang istimewa, bagian tengah jembatan selebar 6 meter dibuat dari 99 panel kaca dan mampu menahan beban 800 orang dalam waktu bersamaan. 

Jembatan tersebut didesain arsitek asal Israel, Haim Dotan. Beberapa turis yang mencoba jembatan tersebut masih agak takut ketika menginjak panel kaca. Beberapa di antara mereka menginjak panel kaca sebentar untuk berfoto sebelum minggir ke area yang tidak terbuat dari kaca.

Per hari hanya 8 ribu orang yang diperbolehkan menyeberangi jembatan tersebut. Karena itu, para turis diharapkan memesan tiket sehari sebelumnya. Harga tiket sekali masuk adalah 138 yuan atau setara dengan Rp275 ribu. Perempuan yang menggunakan stiletto tidak boleh memasuki area jembatan. Disediakan sepatu khusus untuk ganti.

Sebelumnya, di lokasi yang sama, dibuka jalan setapak yang menempel mengelilingi bukit. Jalan sepanjang 100 meter tersebut juga dibuat dari kaca dan berada di ketinggian 1.400 meter. Jauh lebih tinggi daripada jembatan yang baru dibuka. Kawasan Taman Zhangjiajie dikenal memiliki beberapa wisata ketinggian.

Untuk meyakinkan bahwa jembatan tersebut aman, sebelum pembukaan, pengelola mengundang berbagai media untuk melihat uji kekuatan kaca yang dipakai. Beberapa pria bertubuh besar disewa untuk memukul kaca dengan palu besar.

Sebuah mobil juga diuji coba untuk melintasi jembatan tersebut. Tindakan itu dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada pengunjung. Pada 2015 jembatan kaca di Gunung Yuntai, Henan, sempat retak hanya gara-gara pengunjung menjatuhkan termos minumannya. (AFP/sha/c5/any)

Berita Terkait