Terminal Belum Mendapat Perhatian

Terminal Belum Mendapat Perhatian

  Senin, 11 April 2016 09:23
TERMINAL: Kondisi terminal belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah Kabupaten Bengkayang. AIRIN//PONTIANAK POST

Berita Terkait

BENGKAYANG--Sejumlah tokoh masyarakat meminta pemerintah memperhatikan fasilitas pembangunan terminal daerah Kabupaten Bengkayang. Pasalnya terminal daerah yang sudah berdiri puluhan tahun belum mendapat perhatian dengan baik. Kendaraan angkutan umum kesulitan parkir karena kawasan terminal terlalu sempit.
''Terminal yang ada di pusat kabupaten belum memadai. Banyak angkutan umum parkir disembarang tempat,'' ucap Warga Kecamatan Bengkayang Herman (32), Minggu (10/4) kepada media ini.
Dia melihat selama ini terminal bus antarkota banyak parkir disebarang tempat. Ini karena lokasi terminal daerah belum maksimal. Bangunan ruko menutupi jalan untuk keluar masuk angkutan umum.
Herman menuturkan keberadaan terminal angkutan umum sangat diperlukan dalam mempercepat pembangunan daerah. Serta angkutan umum akan lebih mudah menaikan dan menurunkan penumpang, jika terminal daerah dibangun sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
''Tata letak terminal angkutan umum harus mendapat perhatian pemerintah terkait. Mau tidak mau suatu saat bangunan terminal tetap didirikan juga, karena sudah menjadi tuntutan masyarakat,''imbuh ayah tiga anak saat berada di terminal daerah, Kecamatan Bengkayang.
Kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Kabupaten Bengkayang Hasnullah menambahkan, pihaknya sudah berupaya merencanakan pembangunan terminal daerah di Kabupaten Bengkayang.''Kami sudah berusaha membangun terminal daerah. Tapi sampai sekarang belum ada tanggapan dari pihak terkait lainnya,'' ucap dia kepada media ini.
Hasnullah mengatakan selain itu pihaknya juga membentuk forum lalu-lintas yang dinaungi intansi pemerintah terkait lainnya. Diantaranya Jasa Raharja, Kepolisian, Dishubkominfo, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang.
Menurutnya, keberadaan forum tersebut akan membentuk kawasan tertib lalu-lintas untuk mengurangi angka kecelakaan di Kabupaten Bengkayang.
''Kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Hanya menunggu surat keputusan Bupati Bengkayang. Jika sudah disetujui kita akan laksanakan program kawasan tertib lalu-lintas,'' terangnya. (irn)

Berita Terkait