Terlalu Dini Bicara Gelar

Terlalu Dini Bicara Gelar

  Senin, 24 Oktober 2016 09:30
Firmino (tengah)

Berita Terkait

LIVERPOOL – Si Merah sedang melambung. Dalam tujuh laga terakhir Liverpool tak tersentuh kekalahan di Premier League. Gara-gara performa apik itu Jordan Henderson dkk dipertimbangkan bursa taruhan bisa menang Premier League musim ini. 

Kemarin (23/10) dini hari di Anfield, Liverpool memukul tamunya West Bromwich Albion dengan skor 2-1. Hasil kemarin membuat Liverpool mengumpulkan 20 poin dari sembilan laganya. 

Gol-gol Si Merah kemarin dikontribusikan Sadio Mane pada menit ke-21 dan Philippe Coutinho (36'). West Brom, nama lain West Bromwich Albion, membuat gol lewat Gareth McAuley. 

Tactician Liverpool Juergen Klopp menanggapi dengan santai kegagalan timnya merasakan puncak klasemen. Kalau saja Liverpool bisa mempertahankan kemenangan dengan agregat dua gol, Liverpool bertahta di posisi teratas menggusur Arsenal. Arsenal dan Liverpool dini hari kemarin sama-sama punya koleksi poin yang sama. 

“Kami mendapatkan tiga poin dan jumlah poin tim ini saat ini 20. Tak mungkin kami mendapat poin lebih dari itu,” ucap pria berusia 49 tahun tersebut seperti diberitakan ESPN kemarin. 

Klopp dengan setengah bercanda mengakui seandainya timnya memang hobi 'kebobolan'. Dari sembilan laga Premier League yang dijalani, hanya saat bermain imbang tanpa gol versus Manchester United (18/10) satu-satunya catatan clean sheet Liverpool. 

“Ini bukan masalah besar bagi kami. Kami memikirkan bagaimana menggalang pertahanan dan meminimalkan lawan membuat peluang,” tutur mantan tactician Borussia Dortmund dan Mainz tersebut. 

BBC kemarin membeberkan bagaimana 'ketidakseimbangan' serangan Liverpool pada babak pertama. Trio Adam Lallana, Sadio Mane, plus Nathaniel Clyne yang membombardir dari di sisi kanan membuat persentase serangan Liverpool dari kanan mencapai 47,1 persen. 

Grafik arah serangan Liverpool kemudian lebih merata pada babak kedua. Sisi kanan memang mendominasi, namun angkanya turun menjadi 35,8 persen. Angka ini menunjukkan kalau sayap kanan Liverpool jauh lebih trengginas dibandingkan sisi kirinya. 

Kapten Liverpool Jordan Henderson kepada BT Sports kemarin berkata terlalu awal berkata Liverpool akan jadi kampiun Premier League musim ini. Pekan baru berlangusng sembilan minggu dan masih ada 29 pekan lagi. 

“Saya menyesal karena sekali lagi tim kami kebobolan. Kami harus lebih berusaha keras untuk menghalau bola-bola set piece menjadi gol,” tutur Hendo, sapaan Jordan Henderson. 

Hendo berkata fokus timnya setelah ini bertarung di ajang Piala Liga. Pada babak keempat yang bergulir Rabu (26/10) mendatang, Liverpool akan menjamu Tottenham Hotspur. Liverpool sebagai finalis Piala Liga musim lalu termotivasi mengulang capaian serupa musim lalu.

Tactician West Brom Tony Pulis kepada BT Sports mengatakan Liverpool yang absen tampil di Eropa patut serius dipertaimbangkan sebagai kandidat juara musim ini. Selain permainan yang ciamik pasukan Klopp menata konsentrasi mereka dengan lebih utuh. (dra)

Berita Terkait