Terkesan Tertutup

Terkesan Tertutup

  Senin, 29 Agustus 2016 09:30
PLTU III: Pembangunan PLTU II dan PLTU III di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang belum berfungsi.

Berita Terkait

BENGKAYANG—Sejumlah masyarakat mempertanyakan batas waktu penyelesaian tentang pembangunan mega proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang barada di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Mega proyek pembangunan pemerintah pusat ini dinilai oleh masyarakat terkesan tertutup. Karena papan nama dan batas waktu penyelesaian mega proyek pembangunan PLTU II dan PLTU III tidak dipasang dan tidak disampaikan langsung kepada publik.

 “Kami tidak tahu kapan PLTU dapat difungsikan. Hingga sekarang pembangunan ini masih berlanjut. Papan naman dan anggaran pembangunan PLTU tidak dipasang. Begitu juga dengan batas waktu penyelesaian proyek juga tidak diketahui masyarakat,” ucap Warga Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Nafsiah, Minggu (28/8) kepada media ini.

Dia mengatakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang dibangun sejak beberapa tahun terakhir, belum tuntas pengerjaan di lapangan. Ada pembangunan PLTU di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan terdapat dua mega proyek dari pemerintah pusat. Diantaranya PLTU II dan PLTU III, yang hingga sekarang masih dalam proses pengerjaan oleh pemerintah pusat.

Ia menyatakan apabilan pembangunan PLTU ini sudah beroperasi. Dipastikan cadangan kebutuhan tenaga listrik dapat terpebuhi untuk kepentingan masyarakat Kalimantan Barat. Sehingga pemerintah daerah tidak perlu lagi melakukan kerjasama dengan negara tentangga Malaysia, guna mensuport kebutuhan tenaga listrik demi kepentingan masyarakat Kalimantan Barat.

 “Kami sebagai warga yang berada di sekitar PLTU meminta pemerintah terkait memperhatikan pekerjaan PLTU yang berada di Kecamatan Sungai Raya Kepuluan. Supaya pekerjaan ini cepat terselesaikan dengan baik tanpa ada kendala di lapangan,” terangnya menujukan pembangunan PLTU III di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bengkayang Silverius Sinoor menanggapi pembangunan pemerintah pusat tentang mega proyek PLTU II dan PLTU III  yang berada di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

 “Saya tidak mengetahui pasti tentang pembangunan PLTU II dan III yang ada di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Karena pembangunan PLTU ini langsung ditangani pemerintah pusat. Jika mau lebih jelasnya coba tanyakan terlebih dahulu kepada PLN,” ungkapnya saat dihubungi oleh media ini.

Dikonfirmasi Deputi Manager Humas PLN Wilayah Kalbar M Doing menyapaikan saat ini pihaknya belum bisa memberikan komentar tentang pembangunan PLTU II dan PLTU III yang ada di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

 “Saya tidak bisa menjelaskan tentang pembangunan PLTU II dan PLTU III. Ini karena belum adanya serah terima kepada PLN Wilayah Kalbar,” paparnya saat dihubungi media ini.

Dia menyarankan kepada media agar menayakan langsung kepada pihak terkait tentang batas waktu penyelesaian PLTU II dan PLTU III yang berada di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Supaya media ini mendapatkan informasi resmi dan keraguan masyarakat sekitar dapat terjawab dengan adanya penjelasan dari pihak pelaksana pekerjaan dilapangan.  

Menurutnya, adanya penjelasan langsung tentang pembangunan PLTU II dan PLTU II di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, hal itu sangat penting diketahui oleh masyarakat. Sehingga fungsi kontrol sosial tentang pengawasan pembangunan bisa dilaksanakan sesuai ketentuan tentang adanya keterbukaan informasi publik.

 “Sementara ini kami tidak bisa memberikan penjelasan apapun. Karena PLTU II dan PLTU III saat ini masih di bawah naungan perintah pusat melalui pelaksana pekerjaan dilapangan. Jika ingin lebih jelas tentang pembangunan PLTU, langsung saja temui pihak yang bersangkutan di lapangan,” tutupnya. (irn)

Berita Terkait