Terbentur Kawasan Suaka, Sulit Mengembangkannya

Terbentur Kawasan Suaka, Sulit Mengembangkannya

  Selasa, 23 Agustus 2016 09:50
KEPULAUAN KARIMATA: Keindahan alam dan wisata bahari di Kepulauan Karimata sangat menjanjikan untuk menarik para wisatawan datang ke sana, baik dari dalam maupun luar Negeri.

KEINDAHAN gugusan alam di Kepulauan Karimata tetunya sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Namun daerah tersebut masuk dalam kawsa suaka alam laut. Untuk itu Pemerintah Daerah ke depanya akan mengusulkan beberapa kawasan, agar dapat dimanfaatkan guna pegembangan pariwisata.

 
Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid, mengatakan pemerintah yang dipimpinnya ke depan akan mengusulkan suaka alam laut yang ada di Kepulauan Karimata dapat masuk dalam kawasan taman nasional. Harapan dia, dengan ditetapkannya Kepulauan Karimata masuk dalam kawasan taman nasional, akan terdapat beberapa kawasan yang dapat digunakan pembangunan penunjang wisata di Kabupaten Kayong Utara.

“Dari BKSDA ada memberikan saran, dan akan kita mencoba usulkan, agar kepulauan-kepulauan di Karimata dapat menjadi taman nasional, agar ada bagian-bagian kawasan dapat dimanfaatkan," jelas Hildi, Rabu (17/8) di Desa Padang, Kecamatan Kepulauan Karimata, usai Upacara Bendera HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

Dia begitu yakin jika potensi yang dimiliki Kabupaten Kayong Utara dari segi wisata benar-benar ada. Dirinya berharap dengan ditetapkannya Kepulauan Karimata sebagai suaka alam laut, tidak menghambat pemerintah setempat untuk menggali potensi di Kepulauan Karimata. Terlebih potensi menarik yang dapat menarik wisatawan.

“Kalau kepulauan yang memiliki potensi wisata jika tidak dikelola sama sekali kan memang sangat disayangkan. Ini mesti dikelola, namun tetap ada batasan, jadi kalau taman nasional, hanya di zona pemanfaatan yang bisa kita manfaatkan sebaik mungkin,” terangnya.

Khususnya di Kepulauan  Karimata, sambung Hildi juga tidak dapat setiap hari didatangi. Yang mana, menurut dia, terdapat bulan-bulan tertentu keadaan cuaca tidak bersahabat, sehingga sulit dijangkau. “Untuk akses dari Sukadana ke Kepulauan Karimata dan kalau memang dapat dibangun tempat wisata, terdapat ada waktu-waktu tertentu untuk dapat dikunjugi. Karena pada musim-musim tertentu kondisi gelombang cukup tinggi,” katanya.

Diakui Hildi, Kepulaan Karimata, lebih banyak digemari wisatawan dari luar negeri. Bahkan, sambung dia lagi, belum lama ini terdapat media asing yang berkunjung ke Karimata. (*)