Terapkan SIMDA

Terapkan SIMDA

  Kamis, 25 February 2016 09:00
Edi Kamtono

Berita Terkait

PEMERINTAH Kota Pontianak mulai menerapkan Sistem Manajemen Daerah (SIMDA) untuk pelaporan keuangan. Sosialisasi penerapan sistem ini dilakukan langsung pihak Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalbar. Program aplikasi ini  digunakan untuk  pengelolaan keuangan daerah secara terintegrasi, meliputi penganggaran, penatausahaan, akuntansi dan pelaporannya.

Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, sudah saatnya pengelolaan keuangan di Pemerintahan Kota Pontianak itu dilakukan dengan suatu aplikasi yang terintegrasi mulai dari perencanaan, penganggaran sampai dengan pelaporan.

“Sehingga informasi yang dihasilkan dapat lebih komprehensif dan lebih kini, serta dapat menjadi kontrol otomatis terhadap kemungkinan terjadinya kekeliruan dalam pengelolaan keuangan,” ujarnya, Rabu (24/2).

Edi menambahkan, penerapan SIMDA ini merupakan kerja sama pihaknya dengan BPKP. Menurutnya, sistem yang telah diterapkan pada beberapa kabupaten/kota di Indonesia ini juga akan mendukung akrual basis. “Melalui sistem ini akan jauh lebih mudah mengawasi dan mengontrol keuangan,” imbuhnya.

Pihaknya menargetkan Maret mendatang sistem ini bisa mulai diimplementasikan. Saat ini masih terus dilakukan bimbingan teknis atau pelatihan dari pihak BPKP kepada jajaran Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkot Pontianak. Hal ini dilakukan lantaran diperlukan  waktu untuk beradaptasi sebagai proses peralihan dari sistem lama ke SIMDA ini. (mif)

 

Berita Terkait