Terapkan Pola Hazton

Terapkan Pola Hazton

  Minggu, 28 February 2016 12:45
PANEN PERDANA: Jajaran Muspika Kendawangan melakukan panen perdana untuk metode Hazton di Kecamatan Kendawangan.Afi/pontianak post

Berita Terkait

 
KENDAWANGAN - Penerapan tanam metode Hazton oleh kelompok tani Pangkalan Asam 2 Desa Banjarsari Kendawangan mulai menuai hasil. Pada Senin (22/2), dilakukan panen perdana metode ini oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kendawangan yang dihadiri unsur Muspika dan para petani dibantu siswa-siswi dari SMKN Kendawangan.

Kepala BPP Kecamatan Kendawangan, Ucup Sucipto, melalui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Karmadi, mengungkapkan, metode baru pola Hazton di Kecamatan Kendawangan ini baru pertama kali dilakukan. Tanam perdana dimulai pada akhir November tahun lalu.

Ada 7 kelompok dari 22 kelompok tani yang mau menerapkan metode pola Hazton. Salah satunya kelompok tani Pangkalan Asam 2. "Metode hazton ini berbeda dengan pola biasa, baik jumlah bibit, penanaman maupun perlakuanya," katanya.Ia menjelaskan, jika pola biasa jumlah bibit 20-30 kilogram per hektare, namun untuk pola Hazton rata-rata 100 kilogram per hektare. Untuk penanaman pola Hazton membutuhkan waktu tanam siap pindah antara 30-35 hari atau 115-120 hari atau kurang lebih 4 bulan dari masa tanam sampai panen.

Sementara pola biasa memakan waktu tanam siap pindah 15-25 hari. "Untuk hasil tentunya padi pola Hazton lebih unggul, baik segi kualitas maupun kwantitas. Bahkan hasilnya 2 sampai 3 kali lipat dari pola biasa yang bisa mencapai 6-12 ton per hektare," jelasnya.Namun, lanjutnya, sebelum melakukan panen pada pola Hazton, perlu dahulu dilakukan proses pengubinan yang berfungsi untuk mengetahui hasil produksi padi perhektarnya.

Semakin banyak dilakukan pengubinan semakin mendekati angka riil hasil produksi."Untuk itu, kami berharap kepada seluruh kelompok tani yang mempunyai luas garapan 4.442 hektare lahan sawah yang terdiri atas 22 kelompok tani untuk dapat menerapkan varietas baru yaitu, metode pola Hazton agar hasil panen sesuai target yang kita harapkan," harapnya. (afi)

Berita Terkait