Telur dan Gula Pasir Naik

Telur dan Gula Pasir Naik

  Senin, 27 June 2016 09:42
ilustrasi int

Berita Terkait

MENJELANG hari raya Idulfitri beberapa bahan kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan harga seperti telur dan gula pasir. "Saat ini harga telur ayam sudah mencapai Rp 26.000 per kg mengalami kenaikan harga dimana  minggu lalu harga telur kisaran Rp 24.000 per kg. Ada kenaikan harga sebesar 8 persen untuk telur," ungkap Helmi Aswandi, Kasi Bina Pasar dan Distribusi Disperindagkop dan UKM Kota Singkawang sesuai pemantauan harga di pasar tradisional, Minggu (26/6) kemarin.

Kenaikan harga telur menurut informasi yang diperoleh dari distributor disebabkan oleh naiknya permintaan yang tidak diimbangi dengan ketersediaan stok selain telur. Komoditi bahan pokok, kata dia, yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat seperti gula juga turut mengalami kenaikan harga saat dilakukan pemantau.

"Harga gula pasir sudah menembus harga Rp17.000 per kg, beberapa hari yang lalu harga gula masih Rp16.000 per kg berarti ada kenaikan harga sebesar 6 persen," katanya.

Selain mengalami kenaikan harga,  bahan pokok juga ada yang mengalami penurunan seperti untuk komoditi wortel. Harga wortel saat ini sudah turun dan dijual dengan harga Rp 26.000 per kg dimana minggu lalu harga wortel masih dijual rata-rara Rp35.000 per kg, ada penurunan harga sebesar Rp 9000/kg atau turun sebesar 35 persen.

Sedangkan untuk harga daging ayam ras, kata Helmi,  tidak mengalami kenaikan harga,  atau tetap stabil dijual dengan harga  kisaran Rp 43.000 sampai dengan  Rp 45.000  per ekor untuk ayam dengan berat 1,5 kg, ayam dijual dalam kondisi sudah dipotong. (har)

Berita Terkait