Tekan Kenakalan Remaja

Tekan Kenakalan Remaja

  Senin, 22 February 2016 08:31
Basri

Berita Terkait

MENYONGSONG perhelatan Sail Selat Karimata 2016 yang tidak lama lagi akan berlangsung, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kayong Utara secara rutin melakukan razia ke beberapa lokasi yang rawan dan kerap disalahgunakan pengunjung. Adapun lokasi tersebut seperti tempat wisata seperti Pantai Pulau Datuk, pelabuhan, dan lokasi lainnya.

“Menjelang Sail Selat Karimata ini, kami Satpol PP ingin menekan kenaklan-kenakalan remaja di Kayong ini. Karena berdasarkan pantauan-pantauan kami, kenakalan remaja di Kayong Utara ini semakin meningkat,” jelas Kepala Satpol PP, Basri, Jumat(19/2) kemarin.Dia begitu prihatin lantaran kenakalan remaja di kabupaten ini semakin meningkat, sehingga membuat mereka harus lebih ekstra melakukan patroli. Bahkan, diungkapkan dia, belum lama ini mereka telah mengamankan dua remaja yang masih berstatus pelajar, sedang asik mengisap lem di tempat wisata yang ada di Sukadana.

“Pada tanggal 16, pada pukul 4 sore, pada saat kami patroli, kami menemukan dua orang siswa, inisial BN dan KA, mereka tertangkap tangan di Pantai Pasir Mak Senik, di Desa Gunung Sembilan, mereka sedang mengisap lem. Yang satu kaleng dibagi menadi dua bungkus plastik,” kata Basri.

Untuk kedua remaja yan diamankan Satpo PP ini, satu di antaranya ternyata sudah pernah terjaring mereka. Untuk memberikan efek jera, ke depan mereka akan berkoordinasi dengan dinas terkait atau pihak kepolisian, jika memang perilaku remaja yang terjaring Satpol PP telah melakukan tindakan pidana. “Setelah kita proses, sekarang meraka sudah kita kembalikan kepada orang tuanya. Namun untuk KA, sudah dua kali terjaring Satpol PP,” tambahnya.  

Terkait hal ini, dia berharap peran orang tua ke depan dapat lebih berperan penting dalam merubah perilaku anaknya. Karena, menurut dia, jika orang tua sendiri sudah tidak peduli lagi dengan perilaku anak-anak mereka, maka pelanggaran-pelanggaran yang terjadi jelas akan terus terjadi. “Orang tua harus dapat lebih berperan aktif untuk mengawasi anaknya jika berada di luar rumah. Kalau tidak, maka akan seperti ini,” sarannaya. (dan)

Berita Terkait