Tekad Emas Karateka

Tekad Emas Karateka

  Minggu, 14 Agustus 2016 09:58

Berita Terkait

Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat tinggal menghitung hari. Persiapan para atlet terus digalakkan demi tercapainya target, medali emas. Tak terkecuali atlet dari cabang olahraga karate di Kalbar.

Oleh: ARIEF NUGROHO, Pontianak  

PAGI itu, Pontianak Post berkesempatan untuk melihat langsung proses latihan para atlet karate di Dojo FRKP Karate Club di Jalan Purnama Gg. Purnama 9 Pontianak. Maklum selama ini Forki Kalbar belum memiliki Dojo. dan disitulah sebagian para atlet karate digembleng untuk persiapan PON XIX Jawa Barat, September mendatang.

Dalam hal ini Forki Kalbar menerjunkan dua srikandinya, yakni Furi Larasati Komite -55 kg dan Yuni Muhartika, komite -61 kg. Furi Larasati merupakan Karateka asal Forki Singkawang dari perguruan Inkai, sedangkan Yuni Muhartika, Karateka asal Forki Kubu Raya dari perguruan Inkai.

Sejak Januari 2016, keduanya digodok oleh senpai Bernardus Apriadi anggota Brimob Polda Kalbar. Mereka menjalani latihan pagi dan sore hari, yakni pukul 07.30 - 11.00 WIB dan pukul 14.30-18.00 WIB. "Keduanya kita persiapkan di sini. Dan mereka siap mempersembahkan medali," ujar Bruder Stephanus Paiman OFM Cap, Ketua Harian Forki Kalbar sekaligus Pemilik Dojo FRKP Karate Club.

Keduanya lolos dalam Pra Kualifikasi PON XIX di Medan akhir Oktober 2015, para atlet Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kalbar ini masuk dalam Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) KONI selama enam bulan, Forki sendiri juga memberikan pelatihan terpusat.

Bagi dua atlet yang lolos ke PON XIX, ditambah dengan empat atlet cadangan diberikan pelatihan terpusat lebih awal. Dengan jadwal latihan pagi dan sore. Sementara bagi atlet yang tidak lolos tetap diikutkan dalam latihan bersama dengan prioritas yang berbeda.

Sebelumnya seperti diketahui, terdapat hanya dua atlet dari sembilan atlet yang berhasil lolos dalam Pra Kualifikasi PON XIX di Gedung Olahraga Universitas Negeri Medan.

Dari 33 provinsi se-Indonesia yang mengikuti Pra Kulifikasi PON XIX kemarin, PB Forki hanya mengambil sampai peringkat 12 besar, yang berhak untuk melaju ke PON XIX Jawa Barat 2016.

Sementara itu Senpai Bernardus mengatakan, persiapan atlet secara teknik sudah 90%, demikian juga fisik para atlet. "Bahkan saat uji coba di Piala Kasad di Jambi, mereka dapat memberikan yang terbaik dan terlihat perkembangannya cukup signifikan," katanya. (**)

Berita Terkait