Tatung Turunkan Sekitar 300

Tatung Turunkan Sekitar 300

  Rabu, 24 February 2016 10:14
Gambar dari JawaPos

Berita Terkait

MESKI telah terdata di meja Panitia Cap Go Meh sebanyak 612. Diperkirakan tatung yang turun dalam Pawai Tatung saat Cap Go Meh  2016, Senin (22/2) kemarin, berkisar 300-an saja.“Terdaftar memang 612 tatung, namun yang tampil pada hari H kemarin, tidak sebanyak itu jumlahnya,” kata Bagian Humas Panitia CGM 2016, Andi Victoria.

Bahkan, pihak panitia memprediksi tatung yang turun dibawah angka tiga ratus. “Diperkirakan, tatung yang turun pada Festival Cap Go Meh kemarin tidak sampai tiga ratusan,” katanya.Meski belum dipastikan angkanya, panitia memiliki bukti, dari 612 tatung yang terdaftar, berapa jumlah y ang turun pada Cap Go Meh. “Panitia punya cara untuk mengetahui tatung mana saja yang turun. Yakni mengambil foto (memfoto) tatung yang lewat,” jelasnya.

Sehingga atas bukti itu (foto panitia-red), kemudian telah memenuhi sarat saat pendaftaran, itulah yang menjadi dasar panitia memberikan santunan. “Sesuai dengan nomor urut yang turun itulah, para tatung yang akan mendapatkan santunan,” katanya.Hal tersebut dikatakan Andi victoria, ketika ditemui wartawan bersamaan datangnya kelompok tatung yang meminta uang santunan, nyaris terjadi keributan antara beberapa kelompok tatung dengan Panitia CGM 2016 di Sekretariat Jalan Kalimantan, dikarenakan panitia dianggap tidak segera mengeluarkan uang santunan untuk para tatung yang hanya

berkisar Rp1 juta.

Kapolres Singkawang, AKBP Agus Triatmaja beserta jajarannya sempat datang ke sekretariat Panitia CGM. Pihak kepolisianpun harus menenangkan ketegangan yang terjadi, lantaran beberapa diantaranya berteriak meminta agar panitia segera keluarkan uang santunan. “Ada kelompok Tatung datang ke Sekretariat meminta penjelasan terkaitsantunan,” kata Andi Victoria.

Diakui, sempat ada miskomunikasi. Itupun pada satu kelompok tatung saja. “Memang biasanya, santunan diberikan usai pawai, tapi tahun ini berbeda,” ungkapnya.Santunan, akan diberikan pada Rabu (24/2). Pembagiannya pun dilakukan per wilayah.Panitia juga menyatakan, dalam pembagian nanti. demi ketertiban, akan melibatkan pihak kepolisian untuk penjagaan.(fah)

Berita Terkait