Tatung Sanggau Siap Beraksi

Tatung Sanggau Siap Beraksi

  Minggu, 7 February 2016 08:30
SUGENG/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SANGGAU – Perayaan Imlek dan Cap Go Meh (CGM) di Kabupaten Sanggau tahun 2016 akan digelar dengan melaksanakan acara Festival Budaya Tionghoa. Pihak panitia CGM juga berencana akan mendatangkan dan menyuguhkan aksi tatung seperti di daerah lain.

Ketua Panitia CGM Sanggau, Suharman, membenarkan bahwa mereka berencana menampilkan aksi tatung, sebagaimana yang biasa dilakukan di daerah lain. Hal ini, menurut dia, merupakan nuansa baru untuk memeriahkan perayaan Imlek dan CGM di Kabupaten Sanggau. Sejauh ini, diakui dia, di Sanggau memang belum pernah menampilkan tatung seperti daerah lain.

“Kegiatan nanti akan dipusatkan di Terminal Oplet Sanggau. Nanti akan coba ‘disulap’ menjadi semacam perkampungan masyarakat etnis Tionghoa supaya lebih menarik,” ujar dia kepada harian ini.

Kegiatan ini, kata dia, difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat. Festival CGM ini akan dilaksanakan mereka pada 20 Februari 2016 mendatang.

“Nanti akan kami isi dengan kegiatan karnaval, aksi barongsai, tarian budaya, dan juga lagu-lagu Tionghoa. Untuk menyemarakkan suasana, lokasi kegiatan itu juga nanti akan dipasang lampion,” katanya, Sabtu (6/2) di Sanggau.

Dia berharap acara perayaan Imlek dan CGM dengan nuansa baru ini akan menambah keragaman budaya yang ada di Sanggau. “Ya, mudah-mudahan acaranya akan semakin menyemarakkan dan menghidupkan suasana di Kota Sanggau dalam merayakan Imlek dan CGM tahun 2016 ini,” harap dia. (sgg)

Berita Terkait