Tata Pengembangan Kawasan Perumahan

Tata Pengembangan Kawasan Perumahan

  Sabtu, 20 February 2016 11:11
Gambar dari JawaPos

Berita Terkait

KUBU RAYA – Kian pesatnya pembangunan kawasan pemukiman di Kubu Raya membuat Ketua Fraksi PDIP DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah mengimbau Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk lebih selektif dalam menata kawasan di kabupaten itu.

“Lebih selektif dalam menata kawasan pemukiman maksudanya diharapkan kedepan pemerintah bisa sejak dini mengantisipasi terjadinya tumpang tindih lahan di lokasi yang akan dibangun kawasan perumahan,” kata Agus Sudarmansyah.Sejauh ini Politisi PDIP ini menilai perkembangan kawasan pemukiman di Kubu Raya sudah cukup baik, namun kata dia, agar lebih tertata sebaiknya pemerintah daerah setempat bisa melakukan berbagai langkah antisipasi terutama yang berkaitan dengan alih fungsi lahan dan tertib administrasi kependudukan bagi warga pendatang.

“Jika suatu daerah telah tumbuh tingkat perekonomian dan kawasan pemukimannya, maka secara tak langsung bisa mengundang masyarakat luar untuk tinggal di Kubu Raya. Saya berharap sebaiknya dipastikan setiap warga yang memutuskan untuk berdomisili di Kubu Raya sudah terdata secara lengkap administrasi kependudukannya di dinas terkait,” ungkapnya.Seperti diketahui lantaran berbatasan langsung dengan Kota Pontianak hingga saat ini Kubu Raya menjadi salah satu daerah penyangga ibu kota Provinsi Kalbar, karenanya dia menilai wajar selain Kota Pontianak banyak para pengembang perumahan juga memprioritaskan pembangunan perumahan di Kubu Raya.

“Saat ini mobilitas masyarakat juga cukup tinggi, makanya untuk mengatasi kekhawatiran adanya pendatang yang membawa paham-paham atau ideologi menyimpang seharusnya pemerintah juga meningkatkan kerjasama lebih intensif dengan elemen masyarakat sudah bisa memantau sejak awal kedatangan warga baru yang ingin menetap di Kubu Raya. Dengan adanya kerjasama yang solid maka siapapun yang datang dan ingin menetap di Kubu Raya bisa terdeteksi,” ungkapnya.

Lantaran menilai sebagian besar pengembang perumahan masih memprioritaskan pembanguuan kawasan perumahan di Kubu Raya, membuat Agus Sudarmasyah berharap agar masyarakat Kubu Raya juga bisa menjadi prioritas dalam menempati pembangunan perumahan tersebut.“Kalau tidak salah pemerintah juga menetapkan subsidi khusus bagi pembangunan perumahan warga berpenghasilan rendah. Saya berharap hasil pembangunan perumahan bersubsidi itu juga bisa diprioritaskan bagi masyarakt Kubu Raya,” pungkasnya. (ash)

Berita Terkait