Tarik Wisatawan Mancanegara

Tarik Wisatawan Mancanegara

  Senin, 22 February 2016 10:04
Foto Mas Timbul Mudjadi/Pontianak Post

Berita Terkait

PONTIANAK – Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya mengatakan, perayaan Cap Go Meh ini bukan hanya dinikmati etnis Tionghoa. Dampak positifnya juga dirasakan seluruh masyarakat."Saya mendapatkan informasi bahwa hampir semua hotel penuh. Ini tentunya berdampak pada semua usaha, seperti restoran padang maupun kuliner lainnya," jelas Christiandy.

Momen budaya ini, lanjut Christiandy, juga menarik perhatian wisatawan dari luar negeri. Beberapa di antaranya dari Tiongkok, Kuching, bahkan dari Amerika.Christiandy menambahkan, ke depannya Pemerintah Provinsi Kalbar terus mengupayakan mengemas even budaya semenarik mungkin. Diharapkan wisatawan dari dalam maupun luar negeri bisa menghadirinya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar, Simplisius mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai jumlah wisatawan yang datang saat Cap Go Meh."Setelah seluruh rangkaian acara kami akan meminta laporannya," kata Simplisius.Ia menambahkan pada 2015 sebanyak 7000 wisatawan dari Malaysia masuk ke Kalbar melalui pos lintas Badau. "Wisatawan yang masuk melalui Entikong sekitar 22 ribu orang," ujarnya.

Atraksi Naga

Tiga naga beraksi dan barongsai berkunjung di kediaman Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya, Sabtu (20/2). Rencananya hari ini, Senin (22/2) malam, satu naga dari Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, juga berkunjung ke rumah jabatan tersebut."Senin (22/2) malam juga ada Naga Langit di sini (rumah wagub)," ujar Christiandy seusai menerima tiga naga, Sabtu malam.

Christiandy mengatakan perayaan Cap Go Meh tahun ini lebih ramai dibandingkan tahun sebelumnya. Awalnya ia hanya mengundang tiga naga untuk kalangan terbatas, yakni hanya keluarga saja. Tetapi pada saat bersamaan ada konferensi nasional marga Tio di Pontianak. Sebanyak 200 orang dari marga tersebut berkonferensi hingga 23 Fabruari mendatang."Mereka saya undang, dan saya melibatkan Dinas Pariwisata Provinsi Kalbar," kata Christiandy.Atraksi tiga naga tersebut juga menarik perhatian masyarakat yang melintas di kediaman Wagub Kalbar. Mereka pun berhenti dan ikut menyaksikannya. Kehadiran tiga naga itu semakin menarik dengan adanya fashion show pakaian unik dan bersinar berukuran besar. Pagelaran pakaian tersebut dibawakan oleh para pelajar. (uni)

Berita Terkait