Targetkan 12 Kursi, Kader Parpol Harus Sinergi

Targetkan 12 Kursi, Kader Parpol Harus Sinergi

  Senin, 25 April 2016 11:27
BUKA MUSDA: Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun membuka Musda IV DPD PAN Ketapang. Gambar lain, Sulianto Harun yang pimpin DPD PAN Ketapang. ISTIMEWA

Berita Terkait

Musyawarah Daerah IV Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD-PAN) Ketapang sukses digelar. Sulianto Harus terpilih untuk memimpin PAN Ketapang hingga 2020 mendatang. Partai yang saat ini meraih 6 kursi di DPRD Ketapang menargetkan 12 kursi pada pemilihan legislatif 2019 mendatang.

AHMAD SOFI, Ketapang

MUSDA IV DPD Partai Amanat Nasional Ketapang telah usai. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kalbar, Boyman Harun, di Hotel Aston Ketapang, Sabtu (23/4). Pada Musda ini, Sulianto Harun terpilih sebagai Ketua DPD PAN Ketapang masa jabatan 2015-2020 menggantikan posisi Boyman Harun yang memimpin DPW PAN Kalbar.

Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus DPD, DPC dan simpatisan PAN se Ketapang. Hadir dalam acara tersebut Bupati Ketapang yang diwakili Sekda Ketapang, Mansyur. Acara ini dihadiri pula perwakilan DPP PAN dan sejumlah pengurus DPW PAN Kalbar.

Ketua pelaksana Musda IV DPD PAN Ketapang, Kadarini, mengatakan, tema Musda kali ini adalah "Merajut Silahturahim, Membangun PAN". Menurutnya, dalam arti kata, tentu hal itu tidak mudah terlaksana kalau kebersamaan dan komunikasi antar sesama kader tidak dilaksanakan.

Oleh karena itu, dengan diselenggarakannya Musda tersebut dan terpilihnya pimpinan yang baru, diharapkan dapat meningkatkan segmentasi dari tema itu dan dapat dilaksanakan. "Perlu ditingkatkan lagi komunikasi dan silaturrahmi antarsesama kader," pintanya.

Ia menjelaskan, sumber dana yang diperoleh untuk kegiatan tersebut berasal dari kas DPD PAN, sumbangan kaderisasi PAN, donatur serta dari pengurus dan simpatisan PAN. Ia menyampaikan terimakasih kepada tim panitia dan para pengurus yang telah bekerja secara maksimal menyumbangkan, baik materi maupun tenaga yang ikhlas demi terselenggaranya acara Musda tersebut.

Bupati Ketapang, Martin Rantan, yang diwakili Sekertaris Daerah  Ketapang, Mansyur, mengatakan, kegiatan Musda merupakan sebuah tanda dari partai politik yang selalu bergerak dan terus berkembang. "Eksistensi parpol sebuah nilai keharusan. Karena parpol secara ideal merupakan organisasi rakyat untuk mewakili kepentingan tertentu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011," kata Mansyur.

Selain menjalankan fungsi dan kewajibannya, parpol juga wadah yang kuat. Untuk itu, dihimbau kepada seluruh masyarakat, pengurus dan kader partai agar dapat menjaga stabilitas politik sehingga tipe Kabupaten Ketapang yang kondusif selama ini tetap terjaga.

Ia juga mengajak para kader-kader PAN untuk bersama-sama meningkatkan tekat yang kuat, guna membangun dan memelihara keutuhan Pemerintahan Ketapang yang aman, tertib, sejahtera dan menjaga kesatuan dan persatuan seluruh aspek untuk mendukung Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang.

Ketua DPW PAN Kalbar, Boyman Harun, mengatakan, PAN akan bisa besar dari saat ini dan dicintai rakyat asalkan seseorang kader di PAN mempunyai prinsip dan cita-cita serta semangat dan punya loyatitas terhadap partai. Boyman mengingatkan kepada seluruh kader PAN‎, jika hanya untuk ikut-ikutan tanpa tujuan, lebih baik jangan ikut partai.

"Karena orang dipartai membutuhkan orang yang berkulitas dan berkemampuan. Karena orang partai pula harus bisa mengakomodir ribuan kepentingan yang mendapat kepercayaan dari masyarakat. Bisa kita bayangkan jika kader partai hanya ikut-ikutan di dunia politik tanpa paham pada tanggung jawab selaku orang partai," tegasnya.

Boyman juga mengatakan, PAN tidak bisa bekerja sendiri. Oleh karena itu harus pula bekerjasama dengan partai-partai lainnya. "Karena kita bukan mayoritas. Kedepannya kita akan tetap melakukan kerja sama yang baik dengan partai-partai lainnya," jelasnya.

Saat ini PAN Ketapang memiliki 6 wakil di DPRD Jetapang. Pada Pileg mendatang, partai berlambang matahari ini menargetkan 12 kursi di DPRD Ketapang. "Itu cita-cita kita agar PAN dapat berbuat banyak untuk kepentingan rakyat dalam rangka menjalankan roda pemerintahan di Ketapang," paparnya.

Boyman berharap kader PAN bisa menunjukan jati diri, di manapun serta kapan pun waktunya. Baik memberikan bantuan pemikiran kemasyarakat, maupun dalam bentuk bantuan yang bisa diperbantukan ke masyarakat. "Saya berharap semua kader-kader PAN mempunyai kwalitas," papar Boyman.

Dari hasil Musda yang berjalan dengan aman dan lancar tersebut maka telah ditetapkan anggota Formatur oleh DPW PAN Kalbar. Di antaranya, Sulianto Harun, Yuliani, Syamsumin Soelaiman dan Effendy. Pada Musda itu juga ditetapkanlah Sulianto Harun sebagai Formatur dan sekaligus sebagai Ketua DPD PAN Ketapang periode 2015-2020. "Saya patut bersyukur dan sangat berbahagia, karena pada hari ini mendapat kepercayaan dan amanah untuk menahkodai DPD PAN Ketapang, periode 2015-2021," katanya.

Ia berharap semua kader dan pihak-pihak saling bahu membahu dan bekerjasama membangun Ketapang lebih baik. "Kita ketahui bersama kedepan tentu tantangan kita akan lebih berat karena persaingan politik setiap tahunnya selalu berubah. Ini dinamika politik yang mesti kita pahami dan kita jadikan sebuah kekuatan politik bagi partai kita," lanjutnya. (*)

Berita Terkait