Target Man Perpani Kalbar

Target Man Perpani Kalbar

  Jumat, 29 January 2016 08:39
Arif Gunawan

Berita Terkait

PONTIANAK—Satu lagi atlet pemanah yang siap membela Kalimantan Barat di ajang bergengsi PON XIX Jawa Barat September mendatang. Dia adalah Arif Gunawan atlet panahan Perpani yang merupakan Mahasiswa FKIP PGSD di Universitas Tanjungpura. Sama dengan atlet-atlet lainnya, panahan yang diplot KONI sebagai salah satu target medali emas, semaksimal mungkin mewujudkannya dengan latihan yang keras dan tak kenal menyerah. Waktu yang singkat ini dimanfaatkan Arif Gunawan dkk untuk mempersiapkan pertandingannya di PON nanti.

“Kami terus fokus menghadapi PON. Kami ingin bisa meraih hasil terbaik di PON dan kami akan berusaha. Tolong doa restu dan dukungan bagi kami semua,” ungkap Arif Gunawan.Menurut atlet panahan muda Kalbar ini, cabang olahraga panahan memiliki keunikan, keseruan, teknik, dan kesulitan tersendiri. Panahan juga mengutamakan kecepatan, keakuratan, teknik dan kekuatan. “Sama seperti cabor-cabor lainnya, latihan panahan tidak mudah. Panahan memiliki kesulitan tersendiri,” ungkap Arif Gunawan.

Menurut remaja kelahiran Pontianak 26 Oktober 1996 ini, ia sempat terpikir untuk terjun ke cabang olahraga badminton, karena menurut Arif olahraga tersebut cukup seru bahkan bisa menarik ribuan mata untuk menyaksikan. Namun karena ada tawaran dari pelatih panahan Perpani Kalbar Mashadi, yang kebetulan juga merupakan sang paman, maka perlahan Arif mulai mencoba menyentuh busur panah.

“Saya awalnya gak mau diajak main panah, karena lebih suka bulutangkis, bulu tangkis sangat seru, tapi akhirnya sampe kelas 6 SD saya coba main panahan,” cerita dia.Setelah mencoba beberapa lama, ternyata olahraga panahan memikat hatinya untuk terus berlatih secara serius. Olahraga badminton yang dulu ia idam-idamkan mulai terlupakan. Benar saja, berkat keseriusannya menggeluti cabang olahraga panahan di masa SMP ia langsung masuk ke Program Pusat Latihan Pelajar (PPLP).

Hampir selama 6 tahun di program tersebut kemampuannya akan memanah semakin diasah. Berbagai prestasipun akhirnya diperoleh saat masa sekolah, misalnya Meraih Perunggu di Kejurnas PPLP Lampung dan Perak di Kejurnas PPLP Riau.Anak ke empat dari empat bersaudara ini kini fokus persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional September mendatang dan dia menjadi salah satu andalan Perpani Kalbar untuk bisa menyumbangkan medali bagi daerah ini. (bdi)  

Berita Terkait