Target Lolos ke Nasional

Target Lolos ke Nasional

  Selasa, 29 March 2016 10:04
PEMBUKAAN: Parade pembukaan O2SN dan FLS2N se-Kota Singkawang di halaman Kantor Walikota Singkawang, kemarin. HARI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SINGKAWANG—Kota Singkawang menargetkan para siswanya bisa lolos ke tingkat nasional seperti tahun sebelumnya, bahkan bila perlu setiap cabang olahraga dan kesenian bisa mewakiliki Kalbar di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat nasional.

 “Tahun lalu ada siswa kita keluar sebagai juara II di cabang olahraga (cabor) silat dan catur untuk tingkat sekolah dasar,” ungkap Ketua Panitia O2SN dan FLS2N, Alkadri yang juga pengawas tingkat SD wilayah Singkawang Barat ini.

Untuk itu, ia berharap tahun ini bisa mengukir prestasi, bila perlu seluruh cabor dan kesenian Singkawang bisa tampil di tingkat nasional. “Ini target kita dan harapan berusaha, karena kita sudah berupaya untuk mendapatkan hasil terbaik,” katanya.

Dalam pembukaan terpadu yang diikuti ribuan siswa siswi peserta O2SN dan FLS2N mulai tingkat SD hingga SMA sederajat ini yang dipusatkan di halaman kantor Walikota Singkawang Senin (28/3) kemarin berlangsung meriah. Diiringi marching band berbagai sekolah dan didampingi para guru para siswa berparade ria, menampilkan cikal bakal atlet profesional di masa mendatang. “Pawai ini baru pertama kali digelar, biasanya hanya per kecamatan saja, tahun ini kita buat meriah,” tutur Alkadri.

O2SN dan FLS2N merupakan ajang mengasah minat dan bakat serta ajang mengukir prestasi di bidang olahraga dan seni akan mempertandingkan 12 cabang olahraga dan berbagai kesenian. Pada cabor, ada pertandingan tenis meja, tenis lapanga, atletik, bulu tangkis, sepak takraw, renang, Bola Volli, Futsal, Catur, Pencak Silat, Karate, dan Senam.

Untuk tahun ini, O2SN dan FLS2N diikuti ratusan peserta mulai SD/SMP 50 peserta, SMA/SMK 70 peserta untuk O2SN, sedangkan FLS2N diikuti SD/SMP 40 peserta dan SMA/SMK 40-50 peserta baik sekolah negeri dan swasta. Dengan jumlah peserta SD ada 26 gugus dimana masing-masing gugus terdiri 4-5 sekolah, tingkat SMP ada 28 sekolah, SMA 25 sekolah, sedangkan SMK ada 16 sekolah.

 “Kita berusaha terbaik, karena tujuan dari kegiatan ini sendiri mengembangkan bakat dan minat siswa,” ungkapnya. Bagi pemenang O2SN dan FLS2N tingkat kota ini akan diikutsertakan dalam O2SN dan FLS2N tingkat Provinsi pada Mei 2016 mendatang. “Bagi yang juara akan diberi penghargaan dan hadiah. Jika lolos provinsi biasanya ada beasiswa bahkan jika tingkat nasional seluruhnya akan difasilitasi pemprov,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Singkawang Najib berharap para siswa dapat berusaha maksimal dan mengukir prestasi yang membanggakan. “Kegiatan ini rutin setiap tahunnya, jadi kita berharap seluruh siswa dapat sportif dan berusaha yang terbaik,” katanya. (har)

Berita Terkait