Target Kelulusan Meningkat

Target Kelulusan Meningkat

  Kamis, 19 May 2016 09:50
TINJAU UNAS: Syarif M. Firdaus Alkadrie, Kepala Bidang Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya menemani salah satu Dirjen Dikmendas Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan ketika melihat peserta Unas di Sungai Raya. istimewa

Berita Terkait

KUBU RAYA—Sebanyak 11.184 pelajar tingkat Sekolah Dasar Negeri/Swasta dengan MIN/MIS optimis mampu menuntaskan ujian nasional (Unas) yang digelar sejak hari Senin sampai Rabu kemarin. 

“Bagi guru-guru yang namanya ujian nasional SD memang punya beban berat. Akan tetapi murid-murid optimis bisa lulus. Sebab berbagai persiapan sudah kami lakukan baik oleh Disdikbud maupun sekolah dengan berbagai program,” ungkap M.Yani, salah seorang kepsek SDN 1 di Sungai Raya.

Menurutnya di sekolah, berbagai latihan menjawab kertas soal Unas SD sudah dilakukan jauh hari sebelumnya. Sifatnya entah seperti latihan biasa, simulasi menjawab soal-soal maupun latihan lainnya. ”Boleh dibilang persiapannya sangat matang. Insya Allah seluruh murid-murid akan lulus semua,” ujarnya.

Yani mengakui Unas SD tahun 2016, memiliki beban tersendiri. Maka dari itu, para guru jauh-jauh hari sudah mewanti-wanti kepada murid dan orang tua. Berbagai pertemuan sering dilakukan guna memotivasi belajar murid-murid kelas VI. Tak hanya belajar di sekolah tetapi juga belajar di rumah. ”Artinya, orang tua dan murid harus saling bekerjasama lah,” kata dia.

Sementara, Syarif M. Firdaus Alkadrie, Kepala Bidang Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, mengatakan bahwa pelaksanaan Unas SD tahun 2016 sejak hari pertama hingga berakhir, tak ada kendala sama sekali. Menghadapi Unas 2016, Disdikbud Kubu Raya bahkan sudah bekerja keras jauh-jauh hari. Segala persiapan sudah dilakukan demi memotivasi belajar siswa kelas VI SD. “Artinya dari aspek kegiatan ekstrakurikulernya selalu diberikan. Apalagi target kita tahun ini, jumlah nilai siswa SD harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Setidaknya rangking Unas SD Kubu Raya harus naik dari tahun lalu,” kata dia.

Tingkat kebocoran juga tidak ada sama sekali. Disdikbud bersama pihak aparat bahkan memberlakukan pengamanan ketat dan berlapis. ”Jadi, jika ada kertas soal dan jawaban bocor, jangan percaya begitu saja. Itu tak benar namanya,” ungkapnya.

Dijelaskan jumlah peserta Unas pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) mencapai 8.009 siswa. Siswa Sekolah Dasar Swasta (SDS) mencapai 759 siswa. Untuk pelajar Madrasyah Ibtidaiyah Negeri (MIN) mencapai 2.320 siswa. “Tidak ada peserta pelajar SDLB dari total seluruh peserta yang mencapai 11.184,” ungkap dia.

Di Kubu Raya, Disdikbud memaparkan bahwa sekolah penyelenggara sebanyak 104 SDN. Untuk SDS sebanyak 4 sekolah. Sementara MIN hanya  2 Madrasyah saja. Terbanyak adalah peserta MIS berjumlah 22 Madrasyah. ”Total jumlah sekolah penyelenggara Unas sekitar 132 sekolah,”jelasnya seraya menambahkan ada 47 Sub Rayon yang sudah ditetapkan Disdikbud Kubu Raya.

Syarif Firdaus menekankan terkait bencana hujan dan banjir yang terjadi di beberapa kecamatan ternyata tidak menimpa bangunan sekolah. Meskipun sebelumnya sempat khawatir, pihak sekolah dan Disdikbud sudah mengatasi. ”Intinya tidak ada sekolah terendam air. Semua aman,” ungkap dia. (den) 

 

Berita Terkait