Tanpa Sulli, Tandai Comeback dengan Full Album Keempat

Tanpa Sulli, Tandai Comeback dengan Full Album Keempat

  Selasa, 10 November 2015 08:43
Artsy Touch

Artsy Touch dari f(x)  YAY, kabar gembira nih buat seluruh Aff(x)tion! Setelah konser terakhirnya pada Agustus lalu, girlband f(x) bakal lebih sering tampil di televisi Korea. Sebab, akhir bulan lalu, Krystal dkk memulai promo album baru bertajuk 4 Walls (2015) yang diawali dengan music video (MV) lagu berjudul 4 Walls pada 27 Oktober lalu. Hayo, sudah nonton videonya di YouTube belum? Mereka terlihat sangat artsy loh!

Pada 22 Oktober lalu, SM Entertainment menjanjikan kembalinya f(x) di M! Countdown kepada penikmat musik K-pop. Sempat bikin fans cemas setelah hengkangnya Sulli pada Agustus lalu, f(x) yang terdiri atas Krystal, Victoria, Luna, dan Amber menepis rumor bubar itu dengan menghadirkan album yang dikerjakan totalitas tersebut. Meski awalnya album 4 Walls (2015) terlambat rilis selama dua bulan, tampaknya f(x) tetap mendapat timing yang baik dengan merilis album pada akhir Oktober lalu.

“Kami berusaha keras kali ini seperti saat kami debut. Kami benar-benar berpikir tentang jenis lagu yang kami bawakan,” kata Luna sebagaimana yang dilansir dari Kpopstarz. Amber yang setuju dengan Luna menambahkan, “Kami bekerja keras untuk setiap pembuatan lagu dan benar-benar mempersiapkan banyak hal. Sebab, fans kami sudah menunggu setahun tiga bulan untuk kami.” Jerih payah f(x) itu terbayar dengan menempati peringkat atas chart di dua negara sekaligus, Korea dan Tiongkok. Padahal, album 4 Walls (2015)pada saatitu  belum genap sehari dirilis dan digadang-gadang akan menjadi album studio terbaik setelah sukses dengan Red Light (2014) pada musim lalu.

Dari musiknya, dalam album itu, f(x) menggunakan 10 genre elektronik yang colorful, modern, dan fascinating. Grup yang debut pada 2009 itu bekerja dengan banyak komposer andal seperti LDN Noise dari Inggris, Stereotypes, MonoTree, Kenzie, ZICO dan penyanyi pop Carly Rae Jepsen. Sepuluh genre colorful electronic itu dirangkum dalam 10 track dalam album tersebut. Lagu 4 Walls yang dirilis pertama menuai reaksi heboh dari fans. Nuansa trancey dari deep house music di lagu itu terdengar fresh dari lagu f(x) sebelumnya.

Instrumen synthpop 80-an ada di lagu Glitter. Di lagu Diamond, kamu bisa mendengar sedikit ritme hiphop dan EDM. Komposer Kenzie dan LDN juga sedikit terinspirasi dengan musik Latin pada lagu Papi yang juga EDM-based. Ingin lebih dancey? Lagu Cash Me Out cocok buat kamu dengerin.

Bukan cuma itu, music video (MV) lagu 4 Walls yang di-upload di YouTube mencoba mengkolaborasikan efek visual yang artistik. Konsep video grup menggunakan efek lighting dan color overlay.  Pulau Jeju menjadi pilihan f(x) untuk pembuatan MV itu. Menurut keterangan dari SM Entertainment, konser tunggal f(x) akan berlangsung di Seoul Olympic Park Plympic Hall pada 30-31 Januari 2016. Mereka juga akan bernostalgia dengan lagu-lagu lawasnya yang hit seperti Rum Pum Pum Pum. Setelah tampil di M! Countdown, f(x) juga melanjutkan promonya di Music Bank, dan Music Core pada 30-31 Oktober lalu. (*/det)