Tangkal Anak "Ngelem"

Tangkal Anak "Ngelem"

  Rabu, 30 March 2016 09:33
Indriyati Madjid

Berita Terkait

KETUA  Persatuan Wanita Republik Indonesia (Perwari) Singkawang, Indriyati Madjid mengatakan Perwari prihatin pergaulan anak-anak remaja dewasa ini yang terlibat kasus "Ngelem" hingga narkoba.

Makanya perlu adanya upaya bersama guna menyelamatkan anak-anak remaja dari usia 10-15 tahun ini dari prilaku negatif dan mengancam masa depan mereka. Makanya Perwari melakukan jemput bola ke masyarakat untuk memberikan edukasi. "Program ini merupakan kerjasama Perwari dengan Dinas Pendidikan, Lapas dan BPMPKB Singkawang,"katanya baru-baru ini.

Tujuan edukasi ini, katanya, menekan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan salah satunya prilaku ngelem yang sudah merambah anak-anak remaja.

Menurutnya, prilaku "ngelem" adalah kebiasaan yang mengarah kepada narkoba. "Sehingga mereka ini perlu kita selamatkan, lantaran mereka merupakan aset bangsa," katanya.

Oleh sebab itulah, para remaja-remaja itu dibawa mereka ke Lapas Klas II B Singkawang, guna melihat langsung seperti apa korban-korban narkoba itu. "Kita bawa dua orang siswa melihat langsung bahaya narkoba, dan mereka melihat langsung ke blok-blok tahanan dan mendengarkan pengakuan salah satu warga binaan narkoba. Mereka juga mendengarkan arahan dari bidang pembinaan di Lapas dan dokter Nurmansyah," katanya.

Usai melakukan kunjungan ke Lapas, para remaja juga diminta untuk mengarang dengan menceritakan pengalaman kunjungan ke Lapas korban narkoba. Menurutnya, banyak faktor anak anak terlibat pengaruh narkoba, sebagian diantaranya kemajuan teknologi dan kesibukan orangtua dalam mencari nafkah. Untuk itulah, Perwari berupaya akan berbuat secara nyata dan bermanfaat bagi masyarakat.(har)

Berita Terkait