Taman Kanak Akan Terapkan Kurikulum Pendidikan 2013

Taman Kanak Akan Terapkan Kurikulum Pendidikan 2013

  Senin, 16 November 2015 08:45
BANTUAN: Kepsek TK Raudhtul Athfal Al Ikhlas Dedeh Kartika, S.Pd.I menerima bantuan alat tulis kantor (ATK) dari Drs H M Nadjib, MSi sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Singkawang. AIRIN/PONTIANAK POST

SINGKAWANG--Sedikitnya dua ratusan guru dari lembaga Taman Kanak-Kanak kedepannya akan menerapkan kurikulum tahun 2013 tentang pendidikan anak usia dini di Kota Singkawang.Materi pembelajaran guru Taman Kanak akan disesuikan dengan silabus atau materi kurikulum tingkat pendidikan. Sehingga proses pembelajaran lebih terarah pada potensi anak di sekolah Taman Kanak-Kanak.

"Tahun depan para guru Taman Kanak direncanakan sudah bisa menerapkan kurikulum pendidikan anak usia dini. Sehingga program Taman Kanak-Kanak bisa berjalan sesuai silabus pendidikan nasional," tutur Ketua Kelompok Kerja Kepala Taman Kanak-Kanak (K3TK) Kota Singkawang Sri Layani, S.Pd, kemarin (14/11) kepada media ini.

Dia menuturkan sebelumnya kelemahan para guru Taman Kanak dalam menerapkan kurikulum pendidikan anak usia dini karena tidak mendapatkan pelatihan. Sehingga para guru Taman Kanak kewalahan untuk memenuhi standar kurikulum pendidikan Taman Kanak tingkat nasional. 

Ia menuturkan pada kesempatan ini ada lima guru Taman Kanak yang belum lama ini baru pulang dari pelatihan kurikulum pendidikan anak usia dini program Taman Kanak-Kanak.  Sehingga pihak guru Taman Kanak-Kanak bisa belajar bersama-sama untuk pengembangan kurikulum 2013 tentang pendidikan anak usia dini di Kota Singkawang.

"Alhamdulilah untuk sekarang kurikulum 2013 tentang pendidikan anak usia dini sudah bisa dipelajari bersama. Tinggal pada guru yang menerapkan di lembaga Taman Kanak masing-masing," imbuhnya setelah mengikuti Workshop pengembangan Kurikulum 2013 Tentang Penididikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Program Taman Kanak-Kanak di Kota Singkawang.

Ketua Panitia Kegiatan Pengembangan Kurikulum 2013 Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dedeh Kartika, SPd.I menambahkan lebih difokuskan pada program Taman Kanak-Kanak di Kota Singkawang. Sehingga para guru yang mengikuti pelatihan materi pendidikan anak usia dini bisa menerapkan di lembaga Taman Kanak masing-masing.

"Pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini ini sangat penting. Karena sudah menjadi standar acuan nasional. Sehingga para guru Taman Kanak diwajibkan mengikuti anturan di lembaga Taman Kanak,"paparnya.

Dia menyatakan mengikuti pengembangan kurikulum 2013 tentang pendidikan anak usia dini hanya dihadiri seratus peserta. Sehingga masih separuh para guru Taman Kanak tidak mengetahui tatacara pengajaran standar pendidikan taman kanak tingkat nasional.

Ia mengharapkan pada guru Taman Kanak yang mengikuti pelatihan bisa mengajarkan kepada rekan sekerja. Sehingga materi pembelajaran standar pendidikan anak tingkat nasional bisa diterapkan secara menyeluruh di lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak se-Kota Singkawang.

"Kurikulum 2013 tentang pendidikan anak usia dini lebih terfokus pada peran aktif anak-anak di sekolah Taman Kanak-Kanak. Sedangkan para guru sebatas fasilitator untuk menumbuhkan potensi minat dan bakat anak-anak," ucap Dedeh, juga Kepsek TK Raudhtul Athfal Al Ikhlas Kota Singkawang. (irn)