Take Care The Stray Cat

Take Care The Stray Cat

  Kamis, 19 May 2016 09:27

Berita Terkait

Komunitas Penyayang Kucing (KOMPAK)

Banyak yang mengatakan jika kucing adalah hewan yang paling menggemaskan. Apalagi hewan yang identik dengan suara ‘meong’ ini dapat melahirkan banyak anak setiap kehamilannya. Nggak heran, hampir di tiap sudut jalan dapat ditemukan kucing khususnya jenis kucing domestik atau kerap disebut kucing kampung. Tetapi sayangnya nggak semua orang memperlakukan kucing dengan layak bahkan hingga menganiaya kucing dengan menyiramnya menggunakan air panas atau memukulnya. So sad to know it. Oleh karena itu, beruntungnya kucing-kucing jalanan dikarenakan adanya Komunitas Penyayang Kucing (KOMPAK) yang rutin memberi makan dan mengobati kucing jalanan yang sakit.

By: Indry Agnesty

Komunitas Penyayang Kucing (Kompak) merupakan sebuah komunitas yang anggotanya adalah para pencinta kucing. Kompak terbentuk pada 25 Mei 2014. Awal mula berdirinya Kompak ini dikarenakan penyatuan dari beberapa komunitas pencinta kucing agar nggak terpecah-pecah. Komunitas ini juga bertujuan untuk mensejahterahkan kucing dan ingin mengajak masyarakat agar menyayangi kucing.

Kompak memiliki agenda gathering, catshow dan Kompak juga menyediakan grup tanya jawab mengenai kucing di media sosial. Gathering ini rutin diadakan tiap 2 minggu sekali di Taman Alun Kapuas Pontianak. Gathering rutin ini sebagai wadah para pencinta kucing untuk mempererat silahturahmi dan bertukar informasi mengenai kucing peliharaannya. Kucing-kucing yang menjadi peliharaan anggota Kompak ini nggak hanya diperuntukkan untuk kucing-kucing ras luar negeri. Setiap anggota Kompak umumnya memelihara kucing domestik juga.

Melihat banyaknya kucing domestik yang ditelantarkan, Kompak membantu menanggulanginya dengan membuat kegiatan ‘stray cat’ yang merupakan kegiatan bagi anggota Kompak untuk memberikan makanan bergizi pada kucing-kucing terlantar di pasar tradisional. Makanan yang dibawa ini berasal dari dana pribadi para angggota Kompak. Walaupun Kompak nggak bisa menolong dalam bentuk memelihara semua kucing terlantar, tetapi melalui stray cat Kompak berharap bisa menolong kucing-kucing yang kelaparan.

Selain menolong kucing yang kelaparan, Kompak juga membantu kucing-kucing terlantar yang sedang sakit atau mengalami kecelakaan. Kucing-kucing sakit ini akan diobati dengan dana khusus dari Kompak. Meski hanya sedikit pertolongan yang mereka berikan, tetapi Kompak berharap melalui kegiatan ini masyarakat bisa lebih aware dengan kucing terlantar karena kucing adalah makhluk hidup yang harus selalu disayangi bukan disakiti. 

Bagi para pencinta kucing nggak perlu sungkan untuk bergabung dengan Kompak karena Kompak sangat welcome dengan hadirnya anggota baru. Kompak nggak hanya buat kucing ras tetapi kucing-kucing domestik pun akan selalu mendapat tempat di Kompak.**

Berita Terkait