Tak Pernah Padam Bikin Nangis

Tak Pernah Padam Bikin Nangis

  Kamis, 7 April 2016 09:06
ALBUM BARU: Sandhy Sondoro saat berkunjung ke redaksi Jawa Pos di Graha Pena Jakarta, kemarin (6/4). FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

Berita Terkait

JAKARTA – Musisi Sandhy Sondoro bersiap meluncurkan album keenamnya, Love Songs, awal bulan depan. Single andalan dari album tersebut, Tentang Perasaanmu, sudah dirilis pada Senin (4/4). Berkunjung ke redaksi Jawa Pos di Graha Pena Jakarta kemarin (6/4), penyanyi yang mengawali karir di Jerman itu menceritakan kisah di balik single terbarunya. ’’It’s a love song. Tentang cinta sejati,’’ jelas pria 42 tahun tersebut.

Di antara 12 lagu dalam album terbarunya, dua merupakan lagu baru: Tentang Perasaanmu serta Nafas & Hidupku. Lainnya adalah lagu-lagu lama Sandhy yang kemudian di-remastering. Di antaranya, Malam Biru, Tak Pernah Padam, dan Gejolak Cinta. Single baru pilihan itu melibatkan input dari Steve Lillywhite, produser musik legendaris asal Inggris, dan co-arranger Rifka Rachman.

Pengerjaan yang dimulai pada Desember 2015 terbilang cepat. Sandhy menulis sendiri lagu-lagunya. Banyak yang menyebut lagu Tentang Perasaanmu merupakan cerita kehidupan pribadi Sandhy. Momennya hampir bersamaan dengan masalah rumah tangganya.

Pada akhir Februari lalu, Sandhy bercerai dari Ade Fitria Sechan yang memberinya seorang putra, Aeshan, 3. ’’Mau diinterpretasikan begitu oleh pendengar, monggo aja. Tapi, banyak kok (orang lain) yang ceritanya sama. Lirik ini mewakili perasaan banyak orang,’’ tuturnya.

Pria yang mengantongi permanent resident Jerman tersebut mengungkapkan, banyak pula lagunya yang lahir dari imajinasi atau cerita orang di sekitar. ’’Ya pasti ada beberapa pengalaman saya yang tertuang di lagu,’’ ungkap Sandhy.

Imajinasi itu bisa datang kapan saja. Kadang sambil treadmill, tiba-tiba ide terlintas di kepala. ’’Wah, nemu kalimat keren nih,’’ ucap dia. Tetapi, karena tidak langsung, kadang begitu Sandhy selesai treadmill, kata-kata yang sempat muncul tadi menghilang. ’’Lupa, jadi kudu cepet-cepet ditulis,’’ ujar Sandhy. Biasanya, dia hanya membutuhkan 1–2 hari untuk membuat lagu.

Membawakan lagu yang dibuat dengan sepenuh hati tidak hanya membuat pendengarnya terhanyut. Sandhy pun pernah terbawa perasaan sampai menangis di atas panggung.

Momennya terjadi saat dia menyanyikan Tak Pernah Padam di sebuah acara off air tahun lalu. ’’Saya udah nahan. Aduh, jangan sampai keluar (air mata), eh keluar juga. Tapi bagus, berarti ada feeling kuat di lagu itu,’’ tandasnya. (nor/c14/ayi)

Berita Terkait