Tak Dapat Undangan, Warga Serbu PPK

Tak Dapat Undangan, Warga Serbu PPK

  Sabtu, 12 December 2015 09:48
DATANGI PPK : Puluhan warga yang mengaku tidak mendapatkan undangan untuk mencoblos mendatangi PPK Kendawangan. Sementara itu, beberapa orang melaporkan temuan surat undangan yang tidak dibagikan kepada warga. AHMAD SOFI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

KENDAWANGAN—Puluhan warga Kendawangan menghentikan Rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kendawangan, kemarin (11/12). Mereka datang ke Kantor Camat Kendawangan untuk mempertanyakan kenapa mereka tidak mendapat surat undangan untuk memilih.

 
Salah satu warga, Ali Sadikin, mengatakan, banyak warga yang tidak memilih karena tidak mendapat kartu undangan memilih. Warga pun protes kepada petugas KPPS sehingga banyak hak warga merasa dikebiri hak pilihnya. "Contohnya di TPS 03 Desa Mekar Utama. Warga yang hadir hanya sedikit orang saja. Selebihnya banyak kartu undangan yang tidak dibagikan oleh petugas," katanya, kemarin (11/12).
"Terbukti, kami telah mengamankan 235 surat undangan yang tidak dibagikan kepada warga yang mempunyai hak pilih. Kami sudah melaporkan kasus ini kepada Panwascam untuk segera ditindak lanjuti. Ini hanya salah satu contoh kecil saja," tegasnya.

Sementara itu, rapat pleno diselenggarakan diruang rapat Kantor Camat Kendawangan. Rapat pleno dihadiri oleh seluruh anggota PPK Kendawangan, Panwascam Kendawangan para saksi paslon dan unsur Muspika Kendawangan, juga para ketua PPS se kecamatan Kendawangan dengan pengawalan dan penjagaan ketat dari TNI dan Polri.

Ketua PPK Kecamatan Kendawangan, Aliman Nuryadin, mengatakan, terkait laporan warga akan banyaknya kartu undangan memilih yang tidak sampai ke tangan pemilih, ia mempersilakan untuk melapor ke Panwascam. "Jangan mengganggu jalannya proses penghitungan suara tingkat PPK, silakan lapor ke Panwas apabila ada terjadi dugaan pelanggaran," katanya. Ia menjelaskan, digelarnya rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara pangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ketapang tahun 2015 setelah pihak PPK menerima semua kotak suara dari 90 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di 19 desa di seluruh Kecamatan Kendawangan.

Aliman menambahkan, banyaknya TPS yang ada di Kendawangan akan membutuhkan waktu beberapa hari dalam proses rekapitulasi penghitungan surat suara di tingkat PPK. "Sampai saat ini seluruh tahapan Pilkada Kabupaten Ketapang di Kecamatan Kendawangan ini berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapanya," ujarnya.

Apabila proses rekapitulasi penghitungan suara sudah selesai, maka kotak suara bersama isinya akan segera dikirim ke KPU Kabupaten Ketapang untuk pleno rekap ditingkat KPU.
Sementara itu, sehari sebelumnya PPK Kendawangan mendapat kunjungan Dir Sahbara Polda Kalbar, Kombes Badya Wijaya didampingi Kapolres Ketapang, AKBP Hady Poerwanto. Mereka melihat langsung kotak suara yang sudah datang dari TPS-TPS yang ada di Kendawangan serta memastikan kondisi keamanan paskapemilihan Pilkada diKecamatan Kendawangan berjalan aman dan lancar. (afi)

 

Berita Terkait