Tahapan Pilkada 2017 Dimulai Tahun Ini

Tahapan Pilkada 2017 Dimulai Tahun Ini

  Sabtu, 6 February 2016 09:37
Gambar dari JPNN Com

Berita Terkait

PONTIANAK - Sebanyak 111 daerah di Indonesia akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak pada 2017. Dari jumlah tersebut, hanya ada dua kabupaten dan kota di Kalbar yang ikut serta yakni Landak dan Singkawang. Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Umi Rifdiyawaty menyatakan tahapan pilkada tersebut dimulai pada tahun ini.

“Pilkada serentak pada 2017 pemungutan suaranya diatur pada Februari,” ujar Umi di ruang kerjanya, Jumat (5/2).Umi menjelaskan masa jabatan kepala daerah di Landak berakhir pada September tahun ini, sedangkan Singkawang berakhir pada Desember 2017. Masa jabatan yang berakhir Juli 2016 hingga Desember 2017, pemungutan suara pemilihan kepala daerahnya dilaksanakan pada Februari 2017.

“Masa jabatan kepala daerah yang berakhir 2015 sampai pertengahan 2016, pemilihan kepala daerah dilaksanakan pada 2016. Untuk yang berakhir 2018 hingga 2019, pilkada dilaksanakan 2018. Ini ketentuan undang-undang,” ungkap Umi.Berkenaan dengan pilkada serentak tahun depan, lanjut Umi, persiapan tahapan pilkada dilaksanakan pada 2016. Tetapi jadwal dimulainya tahapan belum ditetapkan. KPU mempertimbangkan beberapa hal dalam menjadwalkan tahapan pilkada. Salah satunya hari besar keagamaan dan kebudayaan.

“Jangan sampai bersamaan dengan hari besar keagamaan dan kebudayaan,” ungkap Umi.Umi menjelaskan dalam rapimnas yang dilaksanakan di Banjarmasih beberapa waktu lalu menyebutkan akan ada perbaikan-perbaikan yang dilakukan KPU. Dalam rapimnas tersebut KPU melakukan evaluasi salah satunya mengenai permintaan DPR agar dilakukan penyempurnaan terhadap regulasi.

“Diantaranya juga dibahas mengenai penandatanganan naskah hibah daerah, serta standar dan biaya untuk kegiatan,” jelas Umi.Umi menambahkan daerah yang akan mengikuti pilkada serentak pada 2018 lebih banyak dibandingkan 2017. Ada lima kabupaten kota yang akan melaksanakannya yakni Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kubu Raya, Sanggau, dan Kayong Utara.“Pelaksanaannya oleh KPU kabupaten kota. Kami dari KPU provinsi hanya koordinasi saja,” kata Umi. (uni)

Berita Terkait