Tahan Truk Muatan Obat Ilegal

Tahan Truk Muatan Obat Ilegal

  Rabu, 6 April 2016 09:01
ILEGAL: Tiga truk berisi barang ilegal jenis obat-obatan kesehatan berserta sopir diamankan petugas Polres Bengkayang, kemarin malam. AIRIN FITRIANYAH//PONTIANAK POST

Berita Terkait

BENGKAYANG--Sedikitnya tiga truk penuh muatan barang ilegal jenis obat-obatan kesehatan ditahan petugas kepolisian daerah Kabupaten Bengkayang.  Pasalnya, kendaraan itu tidak membawa dokumen resmi dalam perjalanan.

Kronologis kejadian sekira pukul 12.30 Wib petugas kepolisian melakukan razia keamanan rutin di wilayah Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.  Petugas kepolisian melihat ada kejanggalan terhadap kendaraan truk yang bermuatan penuh hendak menuju ke arah Pontianak. 

Petugas kepolisian lalu menghentikan ketiga truk penuh dan menginterogasi muatan jenis barang yang tertutup terpal tersebut.

Sopir truk menjawab mereka membawa jenis obat-obatan. Saat ditanya tentang kelengkapan dokumen barang tersebut, penggendara truk tidak bisa membuktikan dokumen resmi kepemilikan. Akhirnya petugas kepolisian Polsek Sungai Raya dengan sigap melakukan penahanan terhadap sopir dan barang obat-obatan ilegal. Barang itu diduga berasal dari Tiongkok masuk melalui wilayah perbatasan negara Malaysia. ''Data belum saya dapatkan. Karena baru digeser dari Polsek Sungai Raya menuju Polres Bengkayang. Jika datanya sudah lengkap akan kami informasikan,'' ucap Kapolres Bengkayang AKBP Juda Nusa Putra, saat dihubungi Pontianak Post, sore kemarin.

Pontianak post menunggu kedatangan barang ilegal tersebut. Sekira pukul 21.00 Wib tiga truk barang ilegal di kawal petugas Polres Bengkayang. Ketiga truk berwarna kuning diparkirkan di halaman Polres Bengkayang. Anggota polisi yang melakukan piket dan didampingi Kasat Reskrim Polres Bengkayang Hery Purnomo melakukan interogasi lebih lanjut tentang barang ilegal jenis obat-obatan yang diduga berasal dari Tiongkok.

''Kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut tentang keberadaan barang ilegal ini. Untuk sementara tersangka masih belum bisa kita ketahui siapa pelaku usahanya,'' terangnya saat di temui media ini.

Dia mengatakan barang bukti yang di tahan berupa tiga truk kendaraan berserta muatan jenis obat-obatan. Sedangkan lima orang sopir dan kernetnya di tahan pihak kepolisian untuk pengembangan kasus lebih lanjut. Ia menyampaikan pihaknya juga akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang untuk mengetahui jenis obat-obatan apakah berbahaya atau tidak untuk kesehatan masyarakat. 

Sedangkan pihak terkait lainnya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut tentang kerugian negara karena belum bisa diketahui.  ''Pola penanganan kasus kita rubah melalui seluruh jajaran Polsek. Ini berhasil dilaksanakan saat razia rutin di wilayah Polsek Sungai Raya. Petugas menemukan barang ilegal jenis obatan-obatan. Untuk datanya lebih lanjutnya akan kami sampaikan setelah selesai pemeriksaan,'' imbuhnya disela-sela melakukan introgasi. (irn)

 

Berita Terkait