Swedia, Ukraina Lolos ke Perancis Zlatan Penuhi Janji

Swedia, Ukraina Lolos ke Perancis Zlatan Penuhi Janji

  Kamis, 19 November 2015 10:37

Berita Terkait

KOPENHAGEN – Zlatan Ibrahimovic memenuhi janjinya untuk bertarung habis-habisan demi meloloskan Swedia ke perhelatan Euro 2016 di Prancis. Dua gol dia cetak masing-masing pada babak pertama dan kedua saat Swedia menahan imbang Denmark pada leg kedua babak play off Euro 2016 di Parken Stadion, dinihari kemarin. Swedia lolos ke Prancis dengan agregat kemenangan 4-3 atas Denmark. Zlatan pun tak jadi pensiun.

Swedia menyambangi Parken Stadion dengan bekal kemenangan 2-1 pada leg pertama di Solna. Tim arahan Erik Hamren ini hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke Prancis. Jika gagal, Zlatan menegaskan dirinya akan gantung sepatu dari timnas Swedia. Pernyataan itu sempat direspon oleh media-media Denmark sebelum laga dimulai.

Sejumlah media Denmark optimis timnas mereka mampu mengalahkan Swedia. Tetapi perang urat syaraf itu akhirnya dimenangkan oleh Zlatan. Penyerang Paris Saint Germain ini, yang tak pernah mencetak gol dan tak pernah meraih kemenangan dalam enam laga terakhir di kandang Denmark, mengakhiri kutukan itu dengan memborong dua gol sekaligus.

Denmark memang sempat bangkit menyamakan kedudukan lewat gol balasan pada menit 81 dan 91. Tetapi itu tak cukup untuk merebut tiket dari tangan Swedia. ”Mereka (media Denmark) mengatakan akan membuat saya gantung sepatu dari timnas. Tapi hari ini saya lah yang membuat semua warga Denmark pensiun,” kata Zlatan dengan nada sinis usai pertandingan.

”Jika saya harus mengakhiri karir dengan bermain di ajang Euro, maka itu adalah sebuah takdir,” pemain 34 tahun ini melanjutkan. ”Saya juga berterimakasih atas segala dukungan yang telah saya dapatkan dan saya ucapkan selama berjumpa di Paris. Masih ada beberapa bulan lagi sebelum turnamen di mulai, tapi kami pasti akan bermain di sana,” imbuhnya.

Ucapan Zlatan itu jelas sebuah sindiran yang tak serius. Namun, kekalahan yang dialami Denmark sangat memukul sang pelatih Morten Olsen. Dia pun memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih timnas. ”Saya sudah ketakan kepada para pemain dan federasi bahwa tak masuk akal jika saya terus melanjutkan tugas saya ini,” Olsen mengungkapkan.

Di Maribor, Slovenia, tim tamu Ukraina menyusul jejak Swedia setelah sukses menahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1. Ukraina lolos dengan agregat kemenangan 3-1. Kiper Slovenia Samir Handanovic juga memutuskan gantung sepatu dari timnas yang sudah dia bela selama 10 tahun dengan catatan 79 caps.

Lolosnya Ukraina dan Swedia melengkapi empat jatah tiket babak play off. Dua tiket lainnya sudah lebih dulu diamankan oleh Hungaria dan Republik Irlandia. Keempat negara ini akan bergabung dengan 20 negara lainnya yang lolos dengan status juara dan runner up di babak kualifikasi grup. Dengan lengkapnya peserta Euro 2016, UEFA langsung membagi 24 peserta ke dalam empat pot unggulan. Masing-masing pot terdiri dari enam tim. Masing-masing tim akan diundi lagi dalam undian fase grup 12 Desember mendatang di Paris. (ish)

 

 

 

 

Berita Terkait