Swalayan, Hotel dan Ruko Hangus Terbakar

Swalayan, Hotel dan Ruko Hangus Terbakar

  Kamis, 18 Agustus 2016 09:30
TERBAKAR: Bangunan swalayan, hotel dan ruko yang terbakar sore kemarin di Sekadau. ISTIMEWA

Berita Terkait

SEKADAU – Kebakaran besar terjadi di Sekadau Rabu (17/8) pukul 17.00. Satu swalayan, hotel dan sejumlah ruko ludes terbakar. Penyebabnya belum diketahui. Sumber api diduga berasal dari plafon swalayan dan menjalar ke bangunan lain di dekatnya.

Warga sekitar tidak dapat berbuat banyak untuk mengendalikan api. Api semakin menjadi dan menjalar ke bangunan lainnya. Banyaknya barang yang mudah terbakar ditengarai membuat api semakin merajalela.

Melihat api semakin membesar, para karyawan langsung berhamburan keluar menyelamatkan diri. Sementara sang pemilik, Abun sedang berada di luar kota saat kejadian kemarin.

Selain bangunan swalayan, api juga membakar bangunan Hotel Miaga yang berdekatan dengan swalayan tersebut termasuk tiga ruko yang berdekatan dengan hotel tersebut.

Pemadam kebakaran terlambat tiba di lokasi. “Tadi memang agak terlambat karena personel kita ikut upacara di Kantor Bupati Sekadau,” ujar Akhmad Suryadi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau.

Jarak antara posko pemadam yang berada di tengah Kota Sekadau dengan kantor bupati memang cukup jauh sekira 9 KM. Di BPBD, ada 18 anggota pemadam. Hanya tinggal dua orang yang berjaga di pos pemadam. Sementara sisanya ikut apel.

“Sebelum apel selesai, saya dapat telpon dari tim di posko mengabarkan ada kebakaran. Saya langsung perintahkan mereka yang barusan selesai apel untuk menuju lokasi kebakaran. Sekarang masih kita lokalisir,” tegasnya tadi malam.

Terkait kejadian tersebut, Bupati Sekadau, Rupinus bersama Wakilnya, Aloysius langsung meluncur ke lokasi termasuk Sekda Sekadau, Yohanes Jhon. “Harapan kita bisa segera padam dan tidak menjalar kemana-mana,” harap Rupinus. 

Kapolres Sekadau, Muslikhun usai mendapat informasi adanya kebakaran, dirinya langsung memerintahkan anggotanya mendatangi lokasi kejadian. 

“Penyebab kebakaran belum dipastikan. Sekarang masih proses memadamkan api. Besoklah setelah olah TKP,” katanya. Sampai berita ini ditulis, pemadam kebakaran dibantu warga setempat masih berusaha memadamkan api. Sementara itu, mengenai ada tidaknya korban jiwa dari kejadian tersebut juga belum dapat dikonfirmasi. (sgg)

 

Berita Terkait