SUTET Tersambar Petir, Sebagian Kalbar Sempat Gelap Gulita Tadi Malam

SUTET Tersambar Petir, Sebagian Kalbar Sempat Gelap Gulita Tadi Malam

  Minggu, 17 September 2017 08:16

Berita Terkait

SISTEM khatulistiwa yang menyuplai listrik untuk Kota Pontianak-Kuburaya-Mempawah-Landak-Singkawang-Sambas-Bengkayang pada Sabtu (16/9) pukul 21.11 WIB sempat padam. Penyebab  gangguan eksternal pada SUTET Bengkayang-Mambong yang terkena petir. Kondisi tersebut sempat menyebabkan padam total  di seluruh kota/kabupaten dalam sistem khatulistiwa.
Manajer PLN AP2B, Ricky Andrian mengatakan penyebab padam karena petir. "Sistem khatulistiwa sempat padam karena terjadi trip 2 line di SUTET Bengkayang-Mambong karena tersambar petir, kejadian tersebut menyebabkan PLN kehilangan daya hingga 285 MW," jelas Ricky.

Pihaknya menjelaskan bahwa para petugas berupaya melakukan perbaikan secepat mungkin.  "Upaya pernormalan dilakukan secara bertahap dari pada saat terjadinya gangguan dan seluruh Gardu Induk di sistem khatulistiwa mendapat pasokan daya pada pukul 10.35, dan Alhamdulillah pada pukul 11.11 semua sistem kembali normal," imbuh Ricky.
Mewakili PLN, Ricky meminta maaf atas terjadinya padam di kota/kabupaten yang disupplai sistem khatulistiwa. "Mewakili PLN Wilayah Kalimantan Barat, saya meminta maaf atas terjadinya padam pada sistem, kami sudah berupaya untuk memperbaiki gangguan dengan cepat dan sigap," tutup Ricky.(rms)

Berita Terkait