Surprise, Surprise, Suicide Squad Tembus Rp6 Triliun

Surprise, Surprise, Suicide Squad Tembus Rp6 Triliun

  Sabtu, 20 Agustus 2016 09:57
TAK TERBENDUNG: Salah satu adegan film Suicide Squad. NET

Berita Terkait

LOS ANGELES – Laju Suicide Squad tidak terbendung kritik. Film antihero adaptasi DC Comics itu berhasil melampaui pendapatan worldwide USD 500 juta atau Rp6,584 triliun. Mengutip data Box Office Mojo, film tersebut telah mengumpulkan USD 509 juta (setara dengan Rp6,703 triliun). Catatan itu membuat Suicide Squad menempati peringkat ke-11 film berpendapatan tertinggi tahun ini.

Film yang dibintangi Margot Robbie dan Will Smith tersebut diperkirakan meraup pendapatan lebih banyak lagi. Maklum, film itu baru dua pekan ditayangkan. ’’Kami memprediksi angka itu naik lagi karena film itu masih belum mulai rilis di beberapa negara,’’ kata President of Worldwide Marketing and Distribution Warner Bros. Pictures Sue Kroll.

Wajar bila Warner Bros. begitu yakin. Sebab, negara-negara yang ’’telat’’ menikmati Suicide Squad tergolong pasar besar film superhero. Di antaranya, Jerman dan Jepang. Negeri Matahari Terbit itu bahkan menjadi yang paling akhir menyaksikan rilis Suicide Squad. Tepatnya pada 10 September mendatang. ’’Saya yakin film ini bisa masuk jajaran box office rilisan 2016,’’ tegas Kroll sebagaimana dikutip Variety.

Hingga kemarin (19/8), Suicide Squad sukses menjadi raja di Amerika Utara sekaligus pasar asing. Mengutip Forbes, Suicide Squad merupakan film terlaris Agustus di Inggris, Brasil, Rusia, Meksiko, dan Australia. Di Korea Selatan dan Meksiko, pendapatannya bahkan mengalahkan film terlaris pada Agustus 2014, Guardians of the Galaxy. Di Rusia, Suicide Squad juga berhasil melampaui catatan proyek DC Comics-Warner Bros. sebelumnya, yaitu Batman v Superman: Dawn of Justice (BvS).

Meski demikian, angka penonton Suicide Squad memang menurun lumayan signifikan. Di pasar mancanegara, selisih penonton dari pekan pertama ke pekan kedua tercatat mencapai 55,7 persen. Hanya, jika dibandingkan dengan BvS, angka tersebut terbilang lebih baik. Maklum, penurunan film yang menampilkan DC Trinity –Superman, Batman, dan Wonder Woman– itu sebesar 66 persen pada Maret lalu.

Kunci mulusnya laju film tersebut adalah media sosial. Tim marketing Suicide Squad sukses membikin populer setiap trailer serta materi promosi lainnya. Berdasar analisis Rentrak, pada rilis trailer awal, tercatat ada 1,3 juta posting-an yang mengomentari film tersebut. Pada pekan yang sama, trailer The BFG –film fantasi garapan Spielberg– hanya mencatat 98 ribu unggahan. (fam/c14/ayi)

Berita Terkait