Surga Kecil yang Tersembunyi

Surga Kecil yang Tersembunyi

  Jumat, 15 April 2016 09:31

Berita Terkait

Setelah penat dengan semua aktivitas yang padat. Ada baiknya kamu harus membuat diri kamu bahagia dengan liburan. Sadar atau tidak, piknik itu penting.  Say ‘bye’ to stress and let’s holiday!  Bumi terlalu kecil jika kamu hanya diam di tempat karena Kalimantan Barat khususnya kabupaten Bengkayang memiliki banyak surga kecil yang tersembunyi. Nggak ada salahnya kamu mencoba untuk merasakan berada di sana setelah bosan dengan beberapa lokasi wisata yang sudah umum. Seperti gen Z berikut ini.

By: Diera Grandistasya

Bukit Jamur, Bengkayang
Kalau kamu bermimpi ingin berada di atas awan pergilah ke Bukit Jamur di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Nggak kalah menarik dari puncak Mahameru dari gunung Semeru, kamu akan terhipnotis dengan moment samudra di atas awan pada saat pagi buta.  Untuk mencapai puncak bukit membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam, di sepanjang perjalanan selama mendaki kamu akan disuguhi pemandangan nan indah di sekitar bukit. Karena moment terindah ada di pagi hari maka banyak wisatawan yang memilih mendirikan tenda dan bermalam di Bukit Jamur. Kabar gembiranya adalah bermalam di sini tidak dipungut biaya alias gratis. Sayangnya karena nggak ada pengelola khusus, banyak tumpukan sampah di medan pendakian saat mendaki maupun menurun.

Annisha Chika Ayu Anggraini, 19 tahun
Mahasiswa Teknik Untan

“Medan ke bukit jamur lumayan berat. Jalannya berliku-liku, banyak tikungan tajam dan pendakian menuju puncak bukit cukup beresiko. Kebetulan ketika aku dan keluarga ke sana jalan menuju puncak bukit licin karena paska hujan. Tapi, percaya deh semuanya akan terbayar lunas ketika kalian sudah sampai di atas bukit. Pemandangan nirwana akan membuat kalian takjub dan bersyukur betapa indahnya kuasa-Nya. Di atas agak sedikit dingin, jadi kalau kesana harus bawa jaket yang tebal.”

Pulau Lemukutan, Bengkayang
Air yang jernih dan terumpu karang yang berwarna-warni dan rumput laut budidaya masyarakat dapat dilihat langsung di atas perahu. Pulau yang dikenal dengan pemandangan bawah laut ini diapit dengan pulau-pulau kecil seperti pulau Randayan dan pulau Kabung. Tempat ini adalah surga bagi wisatawan yang menyukai diving dan sangat aman bagi penyelam pemula karena kedalaman airnya hanya 2 sampai 3 meter. Dapat ditempuh dengan transportasi darat dan laut. Terletak kurang lebih 115 km dari kota Pontianak, tidak terlalu jauh dari Kota Singkawang. Hanya saja listrik di sini hanya ada saat malam hari, belum ada penginapan khusus. Tapi tenang, warga di sini ramah jadi kalian bisa menginap di rumah warga setempat.

Aldy Gunawan, 19 tahun
Mahasiswa Hukum Untan

“Pertama kali sampai di Lemukutan langsung disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa. Aku dan teman-teman sangat puas apalagi pemandangan bawah lautnya. Ini adalah salah satu potensi wisata yang harus dikembangkan, jika dikelola dengan baik aku rasa pulau Lemukutan berpotensi menarik wisatawan nasional maupun internasional. Berharap agar pulau ini tetap terjaga kebersihannya dan pemerintah setempat peka untuk melihat betapa banyaknya lokasi wisata yang memiliki potensi luar biasa. ”

Pulau Kabung, Bengkayang
Tidak kalah dari pulau Lemukutan, pulau Kabung juga memiliki surga bawah laut yang indah. Pulau Kabung yang juga dikenal sebagi pulau seribu bagan ini terletak di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Tidak jauh dari pulau Lemukutan dan akses ke pulau Kabung juga hampir sama dengan akses ke pulau Lemukutan. Semua fasilitas disini hampir mirip dengan pulau Lemukutan tapi yang membedakannya adalah di ujung pulau banyak ditemukan ikan badut dan penyu. Selain itu, disini terdapat bukit yang masih terjaga hutannya. Kalau kamu naik hingga atas bukit maka kamu akan disambut dengan  lukisan Tuhan yang tiada tandingannya. 

Siti Marsya Putri Lestari, 20 tahun
Mahasiswi Teknik Untan


“Aku hobi banget meng-explore alam Kalbar. Aku sudah pernah ke riam bukit Sekayam di daerah Entikong, riam Bengkayang, bukit Elmar dan yang paling berkesan ke pulau Kabung. Pemandangan bawah laut, terumpu karang, dan ikan-ikan hiasnya keren banget. Selain bisa diving, kita juga bisa mendaki bukit Kabung. Di atas bukit kita bisa melihat pemandangan yang indah dengan hamparan banyu biru. Penduduk di sana juga ramah banget jadi betah deh lama-lama disana.”

Berita Terkait