Supadio Kucurkan Dana Program Kemitraan

Supadio Kucurkan Dana Program Kemitraan

  Rabu, 18 Oktober 2017 10:00
FOTO BERSAMA: General Manager Bandara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro (dua dari kanan) bersama sejumlah jajarannya, Camat Sungai Raya, Suhari (tiga dari kanan) dan para pelaku UMKM Kubu Raya berfoto bersama usai menyerahkan dana program kemitraan tahap III.Ashri isnaini/pontianak post

Berita Terkait

SUNGAI RAYA – PT. Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Supadio kembali menyalurkan Dana Program Kemitraan Tahap III tahun 2017 bagi 23 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sebagian besar berasal dari Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya.

General Manager Bandara Supadio, Bayuh Iswantoro mengatakan penyaluran dana program kemitraan merupakan salah satu program langsung dari Kementerian BUMN yang biasa disebut Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. “Kami berharap melalui program ini bisa membantu para pelaku usaha mikro kecil menengah bisa6 lebih mudah untuk memajukan usaha yang digeluti saat ini,” kata Bayuh kepada Pontianak Post, usai secara simbolis menyerahkan dana program kemitraan tahap III di Kantor Bandara Supadio, Selasa (17/10).

Jika dijumlahkan, kata Bayuh dari tahap pertama hingga saat ini Kantor Cabang Bandara Supadio telah mengucurkan program dana kemitraan sebesar Rp1, 588 miliar.

Sedangkan untuk tahap III ini pihaknya mengucurkan dana program kemitraan sekitar Rp730 juta yang sebagian besar diberikan bagi 23 mitra binaannya yang tersebar di Kubu Raya dan Kota Pontianak.

“Nominal pinjaman dana program kemitraan yang diberikan juga bervariasi, mulai dari Rp10 juta hingga Rp80 juta tergantung usulan dan hasil seleksi yang kami lakukan dan tentunya dengan bunga yang sangat rendah.  Kami berharap bantuan yang diberikan ini bisa memberikan manfaat bagi para penerima untuk mempercepat memajukan usaha yang dijalankan,” paparnya.

CSR Junior Manager PT. Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Supadio Pontianak, Ario Fuad Harma menambahkan sasaran utama dana program kemitraan tahap III tahun 2017 yakni masyarakat  yang berada tak jauh dari Bandara Supadio misalnya pelaku UMKM di Desa Limbung. Meski begitu kata dia, tidak menutup kemungkinan pelaku UMKM dari daerah lain juga bisa menerima peluang serupa.

“Memang prioritas mitra binaan yang mendapatkan program dana kemitraan ini diprioritaskan bagi pelaku UMKM di sekitar ring I Bandara Supadio, namun jika ada pelaku UMKM dari daerah lain yang berpotensi silahkan saja mengusulkan untuk menjadi mitra binaan kalau memenuhi semua persyaratan yang ditentukan maka akan kami akomodir,” ungkapnya.

Camat Sungai Raya, Suhari mengaku sangat terbantu dengan adanya dana program kemitraan tersebut. Dia melihat selama ini banyak UMKM yang sulit berkembang lantaran terkendala mendapatkan bantuan pembiayaan. Karenanya dia berharap para pelaku UMKM yang mendapatkan dana program kemitraan dari PT. Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Supadio ini, bisa maksimal memanfaatkan pembiayaan yang diberikan untuk memajukan usaha yang digeluti saat ini.

“Manfaatkan sebaik-baiknya dana program kemitraan ini, saya yakin jika jeli dan mampu melihat peluang pasar, usaha yang dijalankan para pelaku UMKM di Sungai Raya ini bisa terus berkembang,” ujarnya.

Salah satu pelaku UMKM Desa Limbung, Yuliana mengaku sangat terbantu dengan adanya program dana kemitraan dari Bandara Supadio Pontianak, karena dia tidak perlu repot lagi mengusulkan pembiayaan dari lembaga keuangan untuk menambah modal.

“Kalau langsung usulkan pinjaman ke bank atau koperasi mungkin bunganya lebih besar, tapi kalau melalui program dana kemitraan ini bunga sangat kecil jadi tidak memberatkan saya, dengan begitu saya bisa lebih maksimal dalam mengembangkan usaha toko kebutuhan pokok saya di rumah,” pungkasnya, seraya berharap agar pihak Bandara Supadio bisa terus menambah jenis bantuan bagi para pelaku UMKM khususnya di Kubu Raya. (ash)

Berita Terkait