Sulit Harapkan Bantuan

Sulit Harapkan Bantuan

  Minggu, 15 May 2016 10:20

Berita Terkait

MANCHESTER – Kemenangan saja tak cukup buat Manchester United untuk menyegel posisi empat besar.  Sebab, United juga butuh bantuan Swansea City agar bisa mengalahkan Manchester City. Nah, karena laga pekan terakhir Premier League digelar serentak malam nanti, Louis van Gaal pun perlu mengintip duel tim tetangga di Stadion Liberty, Swansea.  ''Kelolosan kami (Liga Champions) masih bergantung (dengan City). Tetapi, kami masih punya kans,'' ungkap Van Gaal seperti dikutip situs resmi klub.  Namun, harapan pelatih asal Belanda ini rasanya sulit diwujudkan. City selalu superior atas Swansea dalam empat musim terakhir.  Artinya, jika City bisa menang atau bermain seri melawan Swansea, kemenangan United atas Bornemouth di Old Trafford malam nanti bakal sia-sia. 

Tapi, Van Gaal tetap percaya adanya keajaiban. Van Gaal tetap meminta pemainnya untuk mencetak gol sebanyak mungkin.  Itu sebabnya, dalam sesi latihan terakhir kemarin, Wayne Rooney dkk hanya fokus pada peningkatan agresifitas tim.  

''Saya tidak merasa organisasi pertahanan kami mengalami peningkatan. Kini, kami hanya ingin mencetak gol lebih banyak dari gaya menyerang kami,'' ujarnya.     Dari deretan tim enam besar, produktifitas gol United memang paling minim. Musim ini, United hanya mencetak 1,24 gol per laga. Di Old Trafford, rata-rata  gol per laga tak lebih dari 2,18. ''Kami harus bermain lebih kreatif, lebih cepat di saat menyerang. Ayo, ubahlah itu, tim ini butuh itu,'' seru Van Gaal. 

Rooney merasa tantangan Van Gaal itu juga tantangan bagi dirinya. Rooney sudah lama tidak  mencetak gol. Total, sudah tiga bulan lebih Rooney puasa gol di Premier League. Koleksi tujuh golnya di Premier League musim ini adalah rapor terburuk sepanjang karirnya.  ''Itu semua harus kami tutup dengan indah,'' klaim Rooney.

Di sisi lain, The Cherries – julukan Bournemouth sudah tak punya misi apa-apa.  Tapi, bukan berarti mereka akan menjadi lumbung gol United. Fan Setan Merah-julukan United tentu masih ingat tragedi di Dean Court, 12 Desember lalu. United saat itu dipermalukan untuk pertama kalinya oleh klub besutan Eddie Howe tersebut dengan skor 1-2 

Howe sendiri tahu betul kalau United butuh poin dan banyak gol.  Namun, lanjut Howe, dia tak akan pernah mau membantu United.  Kalau nantinya bisa mengalahkan United, itu bukan berarti dirinya membantu City.

''Tidak, tidak ada motivasi seperti itu (mengalahkan United dan membantu City). Kapanpun itu, bertanding melawan United  bisa menjadi bagian sejarah,'' tutur Howe kepada Mirror.'' Kami sudah pernah (menang pertama kali atas United), siapa tahu sekarang terulang (menang pertama kali di Old Trafford),'' ujarnya.

Sayangnya, amnisi Howe untuk menghajar United terkendala amunisi. Tyrone Mings, Sylvain Distin dan Adam Smith dipastikan absen pada laga ini. (ren/bas)

 

Berita Terkait