Sukseskan Sensus Ekonomi

Sukseskan Sensus Ekonomi

  Rabu, 20 April 2016 09:56
PELATIHAN: Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus saat membuka pelatihan Petugas Lapangan Sensus Ekonomi tahun 2016 Kabupaten Kubu Raya 19-26 April.ISTIMEWA

Berita Terkait

KUBU RAYA— Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kubu Raya, Husen Ahna mengimbau berbagai lembaga dan asosiasi pengusaha di Kubu Raya untuk menerima petugas Sensus Ekonomi 2016 yang diturunkan pada 1-31 Mei mendatang.

”Sensus Ekonomi yang dilakukan serentak di Kubu Raya akan melibatkan 100 lebih petugas untuk menjangkau seluruh wilayah Kubu Raya yang terdiri dari 118 desa dengan 9 kecamatan,”kata Husen Ahna saat menghadiri Pembukaan Pelatihan Petugas Lapangan Sensus Ekonomi tahun 2016 Kabupaten Kubu Raya 19-26 April di Gradenia Resort and Spa

Saat membuka secara resmi pembukaan pelatihan tersebut, Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus mengungkapkan, pelaksanaan sensus ekonomi dilakukan untuk mendapatkan data-data tentang perekonomian daerah yang menjadi acuan bagi perekonomian nasional.

”Jadi sensus ekonomi ini untuk mendapatkan data-data tentang perekonomian yang ada dan digunakan untuk data perencanaan semua pihak serta untuk bahan pemerintah membuat kebijakan di bidang ekonomi,” kata Hermanus.

Dalam sensus ekonomi itu, semua sektor ekonomi dan usaha, baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum akan didata di seluruh wilayah Kubu Raya.

”Yang didata semua pengusaha baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, kecuali sektor pertanian karena sudah didata pada sensus pertanian sebelumnya di tahun 2013,”ucapnya.

Meskipun wilayah Kubu Raya cukup luas dan medan yang sulit, namun Hermanus yakin dalam waktu sensus bisa tuntas dilaksanakan, oleh petugas sensus yang direkrut dan ditempatkan hampir disemua desa dan kecamatan.

Hermanus mengimbau agar dalam sensus ekonomi ini dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin sehingga dapat membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan terutama dalam bidang perekonomian masyarakat.

Hermanus menilai data ekonomi sangat penting bagi pemerintah dalam menentukan arah kebijakan yang tepat di masyarakat. “Dengan adanya sensus ekonomi secara menyeluruh dan serentak di wilayah Kubu Raya ini dapat menghasilkan data yang benar-benar valid,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Hermanus juga meminta kepada semua pengusaha dan pelaku usaha baik yang berbadan hukum maupun tidak baik kegiatan ekonomi masyarakat jika merupakan bagian dari hal yang disensus dalam sensus ekonomi ini agar dapat menerima petugas dan memberikan data yang valid kepada petugas. (ash)

Berita Terkait