Sukadana Tergenang

Sukadana Tergenang

  Rabu, 30 March 2016 10:15
TERGENANG: Hujan yang mengguyur Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, turut membuat bagian halaman perkantoran tergenag air. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA-Akibat hujan disertai angin kencang, membuat sebagian kota Sukadana Senin(28/3) malam tergenang. Bahkan, hingga Selasa(29/3) air tak kunjung surut dan membuat pekerja kesulitan ngantor. Bahkan, ada pula yang menggunakan perahu karet agar bisa berkerja.

Perahu karet yang disediakan oleh Badan Penggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Kayong Utara nyatanya sangat bermanfaat buat mereka yang hendak ke kantor. Banjir besar semacam ini, tahun ini sudah terjadi dua kali.

Tak cuma merendam Sukadana, kecamatan Simpang Hilir merasakan hal yang sama. Namun, siswa tetap ke sekolah. Saat menyeberangi jalan, mereka juga menggunakan perahu karet yang disediakan sekolah.

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara (KKU) Triyanto mengatakan, memang intensitas dan volume curah hujan cukup tinggi. Sebagian dataran rendah di Kayong Utara dipastikan tergenang.

“Bisa jadi karena dampak badai Elnino. Hal ini diperparah dengan drainase yang tidak baik. Air susah mengalir ke sungai atau laut,” terangnya.

Demikian juga daerah resapan yang sudah mulau berkurang. Akibat kebakaran lahan yang setiap tahun terjadi. Hal ini bukan hanya peran pemerintah saja, melainkan seluruh masyarakat.

Sementara itu, Hadi Iswanto, salah seorang PNS yang kantornya tergenang mengatakan kejadian ini jelas mengganggu pekerjaan. Bahkan hanya untuk menyeberang saja harus menggunakan perahu karet.

“Jelas menganggu. Walau untuk genangan air yang ada hanya ada pada bagian halaman saja. Dan tidak sampai masuk kedalam kantor. Untuk kejadian ini sudah ke dua kalinnya di tahun 2016 ini. Dan sudah menjadi langganan tergenag oleh air,” tutupnya. (dan)

Berita Terkait